Tahun ini beberapa Dosen UKDLSM berhasil mendapatkan Hibah Penelitian dan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kemdikbudristek Tahun Anggaran 2022 Tahap Kedua. Penelitian yang berhasil mendapatkan dana hibah adalah penelitian tentang “Model Pengembangan Wisata Gunung Api di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro”,  sedangkan kegiatan PkM yang lolos seleksi penerimaan dengan judul yang diangkat adalah ”Pemanfaatan Alat Dispenser Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Things oleh Kelompok Masyarakat Kaweruan Kabupaten Minahasa Utara dalam Meningkatkan Efektivitas dan Produktivitas Budidaya Ikan Mujair”.

Pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 telah dilakukan Penandatanganan Kontrak antara Kepala LPPM, Angelia Melani Adrian, Ph.D. dan Ketua Pelaksana PkM, Ryan Singgeta, S.T., M.Sc. (Dosen Fakultas Teknik), yang didampingi oleh anggota tim, Ignatia R. Honandar, S.E., M.Sc. (Dosen Fakultas Ekonomi). Penandatanganan ini disaksikan dan sekaligus juga ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerjasama, Dr. Jozef Raco, M.Sc., M.E. beserta Dekan Fakultas Teknik, Ronald Rachmadi, S.T., M.T.

Kemudian pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 dilanjutkan dengan Penandatanganan Kontrak antara Kepala LPPM dan Ketua Peneliti, Dr. Jozef Raco, M.Sc., M.E. (Dosen Fakultas Ekonomi) yang didampingi oleh anggota tim yang hadir, yaitu Sir Tryadi Wilhelmus Tumewu, S.T., M.Sc. (Dosen Fakultas Teknik). Penandatanganan ini disaksikan dan ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerjasama beserta Dekan Fakultas Ekonomi, Octavianus M.T. Muaja, S.E., M.M.