Thursday, September 16, 2021

Sambutan Rektor

Di tengah masa pandemi covid-19, Unika De La Salle Manado merayakan dies natalis ke-20 pada tanggal 7 Agustus 2020. Perayaan syukur digabungkan dengan misa pembukaan tahun akademik 2020/2021 pada tanggal 24 Agustus 2020, dipimpin oleh Mgr. Benedictus E. Untu MSC. Pada kesempatan yang sama diadakan pula pemberkatan lantai 2 dan 3 gedung Theodorus untuk perkuliahan.

Perkuliahan semester genap tahun akademik 2020/2021 dimulai pada tanggal 18 Januari 2021. Inilah semester ke-3, sejak Maret 2020, di mana pembelajaran dilaksanan dalam jaringan (daring). Evaluasi dua semester sebelumnya memperlihatkan bahwa efisiensi dan efektivitas perkuliahan daring tidak optimal. Proses pembelajaran tidak cukup menyentuh hati (touching heart). Dosen mengalami keterbatasan untuk memberi perhatian secara penuh bagi mahasiswa. Mahasiswa juga kadang-kadang mengalami hambatan mengikuti kuliah akibat jaringan internetnya tidak stabil. Kendati keterbatasan-ketebatasan itu, kita patut bersyukur bahwa perkuliahan bisa berlangsung dan layanan bagi mahasiswa tetap bisa diselenggarakan.

Dalam kondisi sekarang, kita ditantang untuk mewujudkan tema Lasallian internasional: “You are part of the miracle: our vision, our passion, our future”. Kita tidak menunggu mukjizat atau keajaiban terjadi pada kita. Sebaliknya, marilah kita melaksanakan pekerjaan-pekerjaan sehari-hari dengan iman (faith) yang kokoh bahwa, melalui pelayanan (service) dan persatuan (communion), Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rom:8:28). Kebaikan yang paling diperlukan saat ini ialah kesehatan kita masing-masing, keluarga, dan sesama kita dalam masyarakat.

 

Prof. Dr. Johanis Ohoitimur

Rektor