Friday, September 30, 2022

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan
Edino Ayub Lomban, S.S., M.A.

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kosmas Sobon, S.Fils., M.Pd.

Staf Fakultas Ilmu Pendidikan
Anita Stephanie Frisca Warow, S.Fils.

PROFIL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Jumlah guru SD menurut BPS Prov. Sulawesi Utara adalah 13.374, sedangkan kebutuhan guru standar untuk memenuhi kelengkapan akan jumlah SD yang ada yaitu 20.754. Jadi, kekurangan guru di Provinsi Sulawesi Utara adalah 20.754-13.374 = 7.380 guru. Inilah dasar yang mendorong Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar diselenggarakan di UNIKA DE LA SALLE MANADO.

VISI & MISI

VISI

Berlandaskan religio-mores-cultura menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan yang unggul dalam menghasilkan guru yang inovatif, transformatif dan melayani dilandasi spiritualitas Lasallian.

MISI

  1.  Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif dan reflektif serta memiliki kompetensi pedagogik yang dijiwai spiritualitas Lasallian.
  2. Melaksanakan penelitian dan kajian serta menghasilkan temuan-temuan yang berkualitas untuk pengembangan ilmu pendidikan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional untuk pengembangan dan implementasi ilmu pendidikan.
  4. Membangun kerjasama dan kolaborasi dengan stakeholder dan lembaga mitra lainnya baik secara regional, nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan.

TUJUAN & STRATEGI

TUJUAN

  1. Menghasilkan guru yang kreatif dan reflektif serta memiliki kompetensi pedagogik yang dijiwai spiritualitas Lasallian.
  2. Menghasilkan temuan, produk, dan karya ilmiah yang berkualitas dan inovatif melalui  penelitian yang relevan guna pengembangan ilmu pendidikan.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi ilmu pendidikan terhadap masalah dan kebutuhan masyarakat.
  4. Mewujudkan kerjasama dan kolaborasi dengan stakeholder dan mitra yang relevan dalam riset inovatif di bidang ilmu pendidikan.

STRATEGI

  1. Dihasilkannya lulusan Strata Satu (S1) bidang ilmu PGSD yang berkualitas dan memiliki spiritualitas Lasallian.
  2. Peningkatan kualitas dosen pada bidang ilmu pendidikan sesuai dengan spesialisasi dan keahlian masing-masing.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sambil memaksimalkan kolaborasi dengan mahasiswa.
  4. Peningkatan kualitas dan kuantitas output atau temuan yang berupa konsep atau produk yang berdayaguna bagi masyarakat.
  5. Perluasan dan optimalisasi kerjasama dengan stakeholder dan lembaga lain yang relevan yang memenuhi standar administratif dan memiliki program kerja yang jelas.