Manado- Hotel Arya Duta Manado, menyelenggarakan beberapa event seperti Reels Competition, Making Bed Competition, tingkat Sulawesi Utara, bagi siswa SMK dan Perguruan Tinggi jurusan pariwisata. (Kamis, 22/2/2024).

Dalam event ini, Fakultas Pariwisata Universitas Katolik  De La Salle Manado, ikut terlibat didalamnya dan mengutus 4 (empat) mahasiswa yang secara skill, sudah siap untuk bersaing. Adapun dalam kompetisi yang diadakan oleh Hotel Arya Duta Manado ini mengikutsertakan sekitar 4 (empat) perguruan tinggi dan sekira 4 (empat) sekolah di Sulawesi Utara.

Terkait hal ini, Ketua Program Studi Fakultas Pariwisata Unika De La Salle Manado Bapak Oktavianus I Wayan Semual, S.E.Par., M.M. menegaskan bahwa, “Ketrampilan karyawan yang terjun di industri pariwisata, seperti lulusan SMK dan Sarjana Pariwisata, harus dilatih agar bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, kami bersyukur event ini diselenggarakan karena akan menjadi alat ukur ketrampilan mereka”.

Dari hasil kompetisi ini, Fakultas Pariwisata ikut terlibat dan bahkan meraih hasil yang sangat maksimal. Berikut hasil yang diperoleh Fakultas Pariwisata Unika De La Salle Manado, diantaranya ; Helen Kandowangko (Juara 1 Reels Competition), Geraldy Lenak (Juara 3 Making Bed Competition), Adhytia Dwi Dharma Putra (Juara 2 Mixology Competition).

Adhytia Dwi Dharma Putra, salah satu pemenang kedua Mixology Competition, mengatakan, “persaingan dalam kompetisi ini sangat ketat, namun karena memang ketrampilan yang diperlukan, maka saya menilai, inilah hasil maksimal saya, saya bersyukur untuk hal ini”. Adhytia adalah salah satu Mahasiswa yang pernah ikut dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Salah satu Hotel Berbintang di Surabaya, Jawa Timur.

Event seperti ini sangat bermanfaat diikuti oleh mahasiswa Pariwisata karena Hotel atau restoran, adalah tempat di mana para lulusan fakultas pariwisata bisa berkarya dan mempraktekkan keahliannya dalam layanan ‘tourism dan hospitality’. Atas dasar hal tersebut, maka skill para pelaku usaha di bidang pariwisata, itu sangat dibutuhkan, maka untuk bisa kerja di Hotel, restoran, dlsb., pihak pengelola berupaya untuk menyeleksi calon-calon karyawannya dengan baik dan teliti. Sekurang-kurangnya hal ini menjadi hal penting agar para lulusan bisa siap untuk terjun ke dunia kerja.