Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari program kegiatan Kampus Merdeka yang bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta adaptasi teknologi di sekolah. Kegiatan Kampus Mengajar (KM) yang sudah memasuki angkatan ke-4 telah dibuka dan disosialisasikan sejak tanggal 25 Mei 2022.

“Sejak pertama kali ditawarkan, Universitas Katolik De La Salle Manado telah terlibat dalam program ini dan untuk ke-4 kalinya, sebanyak 7 Dosen lolos dalam proses seleksi sebagai DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan 2 Mahasiswa lolos sebagai peserta pada program ini”, demikian kata Ryan Singgeta, ST., MSc., PIC UKDLSM untuk Program Kampus Mengajar. untuk . Dosen dan Mahasiswa tersebut telah diberikan pembekalan oleh tim Sub Pokja Kampus Mengajar sebelum diterjunkan ke sekolah SD dan SMP.  Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan Kampus Mengajar di antaranya Pra Penugasan, Penugasan, dan Pasca Penugasan yang dilaksanakan selama bulan Agustus – Desember 2022.

Pada awal bulan Agustus 2022, DPL dan Mahasiswa bersama BPMP Prov. Sulut telah melakukan serah terima penugasan ke Dinas Pendidikan dan diantar ke sekolah penempatan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya di bidang literasi dan numerasi.