Para dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro mengadakan study tour/kunjungan ke beberapa tempat yang dilaksanakan pada hari Selasa, 26 April 2019 . Tempat yang menjadi kunjungan pertama adalah stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Sulawesi Utara yang bertempat di Jl. TNI. Para mahasiswa diberikan ijin untuk masuk ke beberapa studio penyiaran.  Di dalam studio kami mempelajari tentang alat – alat yang digunakan dalam proses penyiaran video dan audio serta alat pemancar (broadcast) ke penerima siaran (pengguna).

Selesai dari TVRI, kami berkunjung ke BSC (Base Station Controller) Indosat Oredo. Disitu kami disambut baik oleh teknisi dari pihak indosat Oredo. Beliau menjelaskan tentang Teknik telekomunikasi antara BSC ke BTS (Base Transceiver Station) serta melihat langsung perangkat – perangkat yang digunakan didalamnya.

BTS berfungsi sebagai pengirim dan penerima (transceiver – receiver) sinyal komunikasi dari atau ke MS (Mobile Station) serta menghubungkan MS (Mobile Station) dengan network element lain dalam jaringan dengan menggunakan radio interface maupun fiber optik. Menurut beliau, BSC akan mengontrol kerja beberapa BTS yang berada di bawahnya. Karena fungsinya sebagai transceiver, maka bentuk fisik sebuah BTS pada umumnya berupa tower dengan dilengkapi antena sebagai transceiver, dan perangkatnya.

Setelah dari Indosat Oreda, lalu kami melanjutkan kunjungan ke TTC (Telkomsel Telecommunication Center). Kami diberikan penjelasan oleh teknisi tentang Teknik telekomunikasi dari BSC ke BTS lalu ke pelanggan yang hampir mirip seperti di Indosat Oredo. Kami diijinkan masuk ke ruangan server, power supply, BSC dan MSC . Disitu kami mempelajari alat – alat dan komponen di dalam ruangan tersebut oleh beliau secara detail.

Setelah itu, kunjungan terakhir kami adalah alat pemancar TVRI yang bertempat di makawembeng, tonsea lama, Minahasa. Tempat pemancar TVRI di makawembeng merupakan salah satu tempat tertinggi di Sulawesi utara. Pemancar tersebut sengaja di bangun di tempat tinggi agar keluaran siaran (audio dan video) dapat dijangkau oleh pengguna secara luas. Pada akhirnya, kegiatan study tour diakhiri dengan doa dan foto bersama. Kegiatan ini diharapkan berkelanjutan guna menambah pengetahuan  bagi dosen dan mahasiswa khususnya di bidang Teknik Elektro.