Universitas Katolik De La Salle Manado mengikutsertakan salah satu pustakawannya Victor Edwin Ohoiwutun, S.Sos selaku Kepala UPT Perpustakaan UKDLSM dalam Uji Kompentensi Perpustakawan yang dilaksanakan di gedung Perpusnas R.I. Jakarta pada tanggal 9 & 10 Agustus 2022.

Bidang Akreditasi Pustakawan Perpustakaan Nasional melakukan Uji Kompetensi dengan klaster yang diujikan, yaitu Klaster Layanan Dasar Perpustakaan, dengan 3 komponen penilaian meliputi; (1). Layanan Sirkulasi, (2). Layanan Referensi, dan (3). Layanan Bimbingan Pemustaka.

Dalam proses pengujiannya peserta terlebih dahulu melalui wawancara dari asesor, setelah itu diberikan soal pilihan ganda sesuai dengan komponen yang diujikan, dan diakhiri dengan mengerjakan soalnya praktik yang harus diuraikan berdasarkan standarisasi layanan perpustakaan yang diterapkan di Perpusnas R.I. Hasil penilaian ketiga komponen klaster Layanan Dasar Perpustakaan yang telah diujikan, Pustakawan UKLDSM dinyatakan lulus dan memenuhi syarat sebagai Pustakawan Berkompeten oleh Perpusnas R.I. Kompetensi pustakawan ini juga digunakan untuk memenuhi beberapa ketentuan terkait dengan akreditasi institusi (kecukupan dan kualifikasi SDM) dan digunakan untuk akreditasi perpustakaan yang tertera dalam kriteria akreditasi mengenai tenaga perpustakaan sehingga diperlukan pustakawan yang memiliki kompetensi. Kegiatan uji kompentensi pustakawan ini juga diikuti oleh 29 Pustakawan dari 20 Perpustakaan anggota Jaringan Perpustakaan APTIK (JPA).