VISI DAN MISI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

VISI

Pada Tahun 2021 menjadi Program Studi PGSD yang Unggul dalam menghasilkan guru yang cerdas, inovatif, transformatif dan melayani berlandaskan Spiritualitas Lasallian.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi guru SD lewat berbagai teori dan praktek pendidikan  agar menjadi lulusan yang mampu berpikir kritis dan kreatif, pembelajar seumur hidup yang reflektif, komunikator yang efektif, pembela lingkungan, berjiwa wirausaha, dan siap melayani demi pengembangan pengetahuan dan pembentukan pribadi yang seutuhnya.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang inovatif di bidang pendidikan dasar sesuai perkembangan IPTEK guna peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SD.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan dan melayani masyarakat di bidang pendidikan dan pengajaran berdasarkan nilai-nilai Lasallian khususnya bagi yang miskin dan marginal.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai instansi pendidikan demi peningkatan mutu pendidikan baik secara lokal, regional maupun internasional.

TUJUAN & STRATEGI

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Guru SD yang mampu berpikir kritis dan kreatif, komunikator yang efektif, pembelajar seumur hidup yang reflektif, pembela lingkungan, berjiwa wirausaha, dan menjadi guru yang siap melayani.
  2. Menghasilkan berbagai macam produk penelitian yang berbasis inovasi di bidang pendidikan sekolah dasar.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan sekolah dasar.
  4. Terjalinnya kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai instansi pendidikan baik secara lokal, regional maupun internasional.

STRATEGI

  1. Pengembangan kurikulum Program Studi yang mampu menjawab kebutuhan zaman dan memiliki perangkat kurikulum (RPS dan Bahan Ajar) yang terstandar.
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas dosen dan mahasiswa dan kualitas lulusan sesuai dengan Spiritualitas Lasallian.
  3. Peningkatan kemampuan dan keahlian dosen PGSD dalam melaksanakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dasar.
  4. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen demi pengembangan kompetensi dan profesionalisme lulusan.
  5. Pengembangan kinerja dan kualitas dosen dan tenaga kependidikan di Program Studi PGSD.
  6. Tersedianya sarana-prasarana dan sistem informasi akademik yang memadai untuk kegiatan akademik dan non akademik.
  7. Menjalin kerjasama dengan instansi pendidikan dan SD Mitra baik SD swasta maupun SD negeri melalui Program Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.