UKDLSM melaksanakan Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas Katolik De La Salle Manado dalam rangka Wisuda Sarjana tahun Akademik 2022/2023 di Manado Convention Center (MCC). Jumat (14/10/2022).

Rektor Unika De La Salle Manado, Prof Dr Johanis Ohoitimur, menyampaikan ungkapan syukur karena acara wisuda sudah bisa digelar kembali secara tatap muka. Rektor juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas penyelesaian studi di Unika De La Salle. Sekaligus menyampaikan selamat juga kepada orang tua dari para wisudawan. “Selamat kepada orang tua, anda telah bekerja keras selama masa studi putra-putri dan hari ini bisa memetik buah yang baik, yakni kelulusan putra-putri anda. Gelaran wisuda kali ini dipilih tema ‘Lasallian DNA: What Drive Us to Serve’. Ini memberikan makna bahwa alumni/lulusan dalam kehidupannya setelah masa pendidikannya harus melakukan apa yang dididik dalam kampus selama masa studi. Dalam mengamalkan tugas pekerjaan mereka kepada masyarakat, perlu dibekali pendidikan karakter yang berbasis pada nilai-nilai De La Salle. Nilai De La Salle nomor satu adalah iman. Jadi kamu bisa beragama apa saja. Kita di De La Salle terbuka dengan agama apa saja, tapi kami harus mendalami imanmu dalam agamamu sebaik-baiknya sebagai kekuatan batin dalam kehidupan dan karya. Hal yang kedua menurutnya adalah pelayanan. Walaupun sudah punya iman, kecerdasan, tapi kalau tidak diamalkan melalui pelayanan, maka baginya, belum sempurna dalam pertumbuhan dan pendidikan. Hal ketiga menjadi masyarakat yang baik, yaitu di mana pun dia hidup harus menjadi warga yang baik dari komunitasnya dalam masyarakat majemuk di Indonesia” ungkap Rektor.

Sementara itu, dalam sambutannya mewakili pihak orang tua para wisudawan, Bapak Valentino Jostein, S.E., M.Si., mengapresiasi kualitas pendidikan dari Unika De La Salle. Ia mengungkapkan, awalnya belum serius untuk memasukkan anaknya di kampus tersebut, namun setelah melihat sistem pendidikan yang bagus yang dijalankan Unika De La Salle, akhirnya ia menetapkan hati untuk membiarkan anaknya kuliah di perguruan tinggi tersebut. Ia mengungkapkan, selain pendidikan akademik, para mahasiswa juga didorong dengan kegiatan ekstrakurikuler. “Dalam pelaksanaan kegiatan kampus, kami melihat aktivitasnya berjalan baik. Anak saya kuliah empat tahun, setiap pagi mengantar dia kuliah. Kami melihat sistem yang berjalan luar biasa, mereka dididik menjadi anak-anak yang disiplin. Kita bisa melihat prestasi dari para wisudawan itu luar biasa. IPK-nya (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi-tinggi, pada masa pandemi ada keringanan-keringanan yang diberikan pihak perguruan tinggi. Hal ini baginya sangat membantu orang tua yang menguliahkan anaknya di Unika De La Salle. “Untuk biaya ada keringanan bahkan kampus juga memberikan beasiswa. Selain itu tidak harus membayar sekaligus, memang kalau bayar satu kali agak berat bagi orangtua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle Manado, Dr. Melky Malingkas mengatakan dalam pidatonya, “Seluruh mahasiswa yang lulus ke depan harus bisa memberikan sumbangsih bagi pengetahuan dan kebenaran. Unika De La Salle Manado terpanggil untuk melayani martabat manudia, agar cita-cita menjadikan dunia ini layak menjadi tempat setiap orang boleh hidup dalam kedamaian dan persaudaraan”. Hal yang sama juga diutarakan oleh Bapak Munawir Sadzali Razak, S.I.P.,M.A. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah XVI. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle Manado, karena tanpa bantuan dari perguruan tinggi swasta agak sulit bagi kami (pemerintah) untuk mengejar Angka Partisipasi Kasar (APK) ini. Unika De La Salle Manado merupakan salah satu perguruan tinggi di wilayah kami yang sangat aktif berpastisipasi dalam program-program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), bahkan UKDLSM satu-satunya perguruan tinggi yang saat ini menjadi tuan rumah untuk program pertukaran mahasiswa MBKM. Terima kasih Pak Rektor untuk kerja samanya” ujarnya.

Tercatat ada 341 Wisudawan yang disahkan sebagai sarjana S1, yang terdiri dari 11 Program Studi dari 7 Fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Keperawatan, Fakultas Pariwisata, dan Fakultas Ilmu Pendidikan.