Program Studi Tenik Elektro Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM) mendapat kesempatan mengikuti event Internasional, yaitu Pameran GESS (Global Educational Supplies and Solutions) Asia 2022, yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah, bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) pada tanggal 14 – 16 September 2022.

 

Pameran ini menyediakan produk-produk dan solusi bagi layanan pendidikan. Event ini juga menyediakan program “small conference” yang menghadirkan pembicara-pembicara yang berpengalaman. Setiap tahun dibuka pendaftaran bagi yang ingin menjadi narasumber dan kemudian akan dilakukan proses seleksi untuk menentukan para narasumber yang akan tampil dalam event tersebut.

 

Salah satu narasumber yang terpilih untuk GESS Asia 2022 adalah Dosen Program Studi Teknik Elektro UKLDSM, Lianly Rompis, S.T., M.I.T.S. Topik yang dibawakan adalah “Smartphone sebagai Alat yang Cerdas untuk Manajemen Pembelajaran dan Pengorganisasian Barang”. Dalam pembahasannya Lianly men-sharing-kan bagaimana cara memotret bahan-bahan pembelajaran online pada layar komputer atau LCD screen agar terlihat bagus, tidak buram dan tidak memperlihatkan garis-garis yang mengganggu kualitas gambar. Selain itu disampaikan juga bagaimana cara memotret bagian depan dari sebuah objek yang memiliki permukaan yang memantul/mengkilap. Biasanya untuk kepentingan pembuatan laporan dan dokumentasi, para pendidik ataupun peserta didik sangat membutuhkan tips ini agar kualitas gambar yang dihasilkan baik. Tips terakhir yang dibagikan adalah bagaimana memanfaatkan smartphone bersama aplikasi tertentu untuk mendeteksi objek-objek kecil yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti jarum, peniti, sekrup, dan baterei koin. Topik yang dibawakan merupakan bagian dari penelitian dasar yang saat ini sedang dilakukan oleh Dosen Prodi Teknik Elektro dan Dosen Prodi Teknik Informatika.

 

Selain dari UKDLSM, ada juga beberapa pembicara dari Putra Sampoerna Foundation (Guru Binar sebagai Platform Pengembangan Karir Guru), Mentari Intercultural School, dan EdTech Systems Integrator Taiwan.