Sejak diluncurkannya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kemdikbud, setiap Perguruan Tinggi berusaha mewujudkannya dalam pelaksanaan tri dharma di Perguruan Tinggi masing-masing. Demikian juga dengan Universitas Katolik De La Salle Manado yang juga berusaha mewujudkan program tersebut.

Kesempatan itu datang dalam bentuk Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi  atau disingkat PERMATA-SAKTI. Program ini bertujuan untuk memperkuat wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya. Program ini disambut baik oleh 97 PTS di seluruh Indonesia. “Di provinsi Sulawesi Utara, Universitas Katolik De La Salle Manado merupakan PTS satu-satunya  yang terlibat dalam program tersebut sehingga hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universitas kami”, tutur PIC Permata Sakti, Debby Paseru, ST., MMSI., M.Ed. Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan program ini terdapat 75 mahasiswa inbound dari 16 PTS di Indonesia yang akan melakukan perkuliahan daring pada 6 mata kuliah unggulan yang ditawarkan oleh Universitas Katolik De La Salle Manado, yaitu Data Mining & Warehouse, Pengendalian & Penjaminan Mutu, Manajemen Kepariwisataan, Manajemen Hotel & Kapal Pesiar, Public Relations & Ketrampilan Komunikasi dan Pengembangan Bisnis. Sedangkan dari pihak Universitas sendiri telah mendaftarkan 26 mahasiswa dari berbagai program studi untuk mengikuti perkuliahan daring di 25 PTS di Indonesia selama semester ganjil ini. “Program ini merupakan suatu program inovatif yang tentunya menuntut kami para dosen untuk lebih kreatif dan memiliki komitmen tinggi untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, ungkap Teddy Tandaju, SE., MBA, salah satu dosen yang terlibat dalam program ini.”

Pada tanggal 22 September 2020, sebagai pembukaan program ini maka Universitas telah mengadakan “Orientasi dan Penerimaan Mahasiswa Permata Sakti” secara daring di mana peserta yang hadir terdiri dari 16 Person In Charge (PIC) PTS Permata Sakti, para pejabat struktural dan 75 mahasiswa peserta inbound yang akan diterima secara resmi di lingkungan Universitas. “Universitas Katolik De La Salle Manado selama ini telah menjadi rumah belajar dari seluruh mahasiswa dengan berbagai latar belakang budaya, agama, dan suku yang berbeda. Hal ini sudah sejalan dengan tujuan program permata sakti sehingga kami menyambut dengan tangan terbuka seluruh mahasiswa yang mau dan bersedia belajar di Universitas kami”, demikian sambutan dari Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur.  Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle, Benansio Salombre, SS.  yang hadir pada kegiatan tersebut juga menyampaikan hal yang sama, “Terima kasih karena telah memilih Universitas kami sebagai tempat belajar dari adik-adik mahasiswa. Kami menyambut dengan gembira pertukaran mahasiswa ini dan berharap, suatu waktu adik-adik mahasiswa dapat berkunjung ke Manado, bukan hanya secara daring”.

PIC dari 16 PTS yang terlibat juga menyambut baik kegiatan ini bahkan semua PTS menindaklanjuti dengan pembuatan MoU antar PT sehingga kerja sama ini tidak hanya berlangsung 1 semester saja tetapi bisa lanjut sampai beberapa tahun ke depan dan bisa memperluas kolaborasi PT dalam bidang penelitian dan bidang lainnya.