Hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019 pukul 13.30 wita Danlantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mosez Sipasulta,M,Mar,Stud menghadiri acara kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Katolik De La Salle Manado bertempat di Sporthall Universitas Katolik De La Salle Manado. Narasumber dalam kuliah umum ini adalah Laksamana TNI (Purn) Prof.Dr.Marsetio dengan materi yang diangkat “Pengaruh Geo-Maritim Kawasan Terhadap Diplomasi dan Pertahanan Maritim” acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya diteruskan Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik Debby Paseru,S.T.,M.M.,M.Si.,M.Ed dilanjutkan pelaksanaan Kuliah Umum. Yang menjadi peserta dalam kuliah umum ini adalah mahasiswa-mahasiswi dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pertanian.

Dalam penyampaiannya Narasumber mengatakan bahwa Lima pilar kebijakan maritim yang berbasis pada dasar negara yang kini direalisasikan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo menjadi hal yang juga harus dipahami oleh bangsa Indonesia dan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut)  pada khususnya, karena kebijakan Presiden ini begitu menguntungkan bagi daerah yang punya kekuatan laut atau maritim, seperti Sulut.

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga merupakan Guru besar Universitas Pertahanan dan Special Envoy to International Maritime Organization (IMO), Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio mengatakan, Presiden Jokowi merupakan satu-satunya presiden yang sangat peduli dengan wilayah maritim di Indonesia.

“Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap hal ini, apalagi Indonesia dikenal sebagai poros maritim dunia. Pak Jokowi telah meletakkan dasar negara dalam lima pilar kebijakan maritim, yakni budaya maritim, sumber daya maritim, infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim, dan pertahanan maritime.”

Presiden menegaskan Indonesia sebagai negara maritim bukan tanpa dasar, tapi karena suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maritim, apabila ada lima elemen sebagai dasar negara kepulauan, yakni geografi, demografi, sumber daya manusia, konektivitas, dan yang saat ini tengah disiapkan pemerintahan Jokowi adalah menyiapkan infrastruktur. Imbasnya ke Sulut adalah tentu sektor pariwisata yang meski sedang berkembang sangat pesat di Sulut, tapi tetap jadi prioritas karena target yang terus bertambah.

“Ini yang dilakukan Pak Jokowi, termasuk pembangunan infrastruktur. Tujuannya untuk mendukung pariwisata. Kenapa, karena yang paling bisa memanfaatkan kedatangan turis adalah sektor pariwisata,” .

Usai kuliah umum, Tim Kolintang Unika De La Salle menampilkan dua buah lagu, diantaranya Balada Pelaut. Marsetio pun turut bernyanyi bersama para mahasiswa.

Akhir kegiatan dilaksanakan Pemberian Cindera Mata dari Narasumber Kepada Wakil Rektor serta mahasiswa yg berprestasi dan Sesi Foto Bersama. Juga sebaliknya dari Fakultas Hukum kepada narasumber.

Turut Hadir :

  1. Danlantamal VIII Laksma TNI Gig J.M Sipasulta.
  2. Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Edi Juardi.
  3. Aslog Danlantamal VIII Kolonel Laut (T) Ivan Arfani.
  4. Kaprimkopal Lantamal VIII Letkol Laut (KH) Poltak
  5. Paban Srena Letkol Laut (KH) Dadang Kusrana.
  6. Kadispotmar Letkol Laut (KH) Raynold J.Sandewana.
  7. Paban Spers Letkol Laut (K) I Dewa Rai,Amk.
  8. Kasatkom Mayor Laut (KH) Raymond.
  9. Dekan Fakultas Hukum, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Para Dosen dan Staf.