Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Katolik De La Salle Manado melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Kerajinan Tangan Meningkatkan Kreativitas Anak Sejak Dini dalam rangka Praktek Mengajar untuk Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan bersama anak-anak Sekolah Minggu di Gereja GMIM Getsemani Desa Kaweruan, Kabupaten Minahasa Utara pada Hari Minggu, 25 September 2022.

Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran di luar kelas dalam lingkup masyarakat yang lebih luas, sesuai dengan capaian pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan oleh  dosen pembimbing Fabyana I. Tamboto, S.S., M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 anak sekolah minggu Jemaat GMIM Desa Kaweruan, Kabupaten Minahasa Utara. Mereka dilatih untuk membuat kerajinan tangan dari bahan kardus bekas yang sudah tidak terpakai. Kegiatan membuat kerajinan tangan bertujuan untuk mengasah kreativitas anak sejak usia dini.

PkM ini didesain oleh dosen dan 8 mahasiswa Program Studi PGSD dan 1 mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri. Anak-anak dibagi dalam 3 kelompok yang terdiri dari 8-9 orang dan didampingi oleh 2 mahasiswa untuk membuat tempat pensil dari kardus dilengkapi dengan hiasan dan lukisan. Untuk menghindari kebosanan, kegiatan ini diselingi dengan berekreasi bersama antara mahasiswa dan anak-anak sekolah minggu dan penyerahan hadiah untuk kelompok yang bisa menghasilkan karya terbaik.