Umat Katolik di seluruh dunia mempersiapkan Masa Prapaskah yang diawali dengan Perayaan Ekaristi Hari Rabu Abu. Perayaan Ekaristi Hari Rabu Abu merupakan awal di mana kita menjalankan wajib Puasa dan Pantang. Salah satu kekhasan dari perayaan ini adalah saat di mana setiap orang yang hadir dalam perayaan ini ditandai dengan abu pada dahi mereka. Menerima abu merupakan lambang dari pertobatan, penyesalan dan kefanaan manusia. Lewat pemberian abu ini manusia diingatkan bahwa suatu saat ia akan mati dan kembali menjadi debu. Selain itu, pada masa prapaskah tahun ini juga, kita diajak untuk membuat gerakan bersama, yang kita sebut sebagai gerakan APP (Aksi Puasa Pembangunan). Secara khusus, Keuskupan Manado pada Masa Prapaskah tahun ini mengambil tema, “Membangun Komunitas Ekonomi yang Bermartabat”. Rumusan tema ini diturunkan dari tema APP Nasional tahun 2020, “Memelihara dan Mengelola Sumber Hak Hidup Masyarakat yang Bermartabat”.

Rabu, 26 Februari 2020 Unika De La Salle Manado sebagai salah satu Lembaga Perguruan Tinggi Katolik di Manado, mengadakan Perayaan Ekaristi Hari Rabu Abu. Perayaan Ekaristi ini diselenggarakan oleh Lembaga Misi dan Identitas secara khusus bagian Divisi Campus Ministry.

Perayaan Ekaristi Hari Rabu Abu di Unika De La Salle Manado dimulai pukul 15.00 WITA yang bertempat di Aula Johanis dengan selebran utama RD. Hendro Kandowangko, S.Fils sebagai Chaplain Unika De La Salle Manado, dibantu oleh frater Berly Dianomo, Pr yang sedang menjalankan tugas Tahun Profesionalitas di Unika De La Salle Manado, dan dibantu juga oleh kedua frater dari Seminari Hati Kudus Yesus, Pineleng. Dalam homili RD. Hendro Kandowangko, S.Fils menghimbau kepada seluruh keluarga besar Unika De La Salle Manado untuk menyadari bahwa Masa Prapaskah adalah masa yang penuh rahmat, masa di mana Allah berkenan menatap kita dengan penuh kasih. Oleh karena itu Pantang dan Puasa merupakan bentuk kongkret yang harus dilaksanakan. RD. Hendro Kandowangko, S.Fils juga mengingatkan kembali tentang hal-hal penting dari Surat Puasa Uskup Keuskupan Manado (19 Februari 2020), dan juga kesebelas rekomendasi dari Paus Fransiskus tentang  puasa yang terbaik yang perlu dilakukan.

Perayaan Ekaristi Rabu Abu dihadiri oleh seluruh Civitas Akademika Unika De La Salle Manado, dengan koor dari PSM Unika De La Salle Manado dan FCLCU (Fellowship Community of Lasalle Chatolic University) sebagai misdinar yang membantu kelancaran dari Perayaan Ekaristi Hari Rabu Abu ini.