Pada hari Rabu, 23 Februari 2022 sampai dengan Jumat, 25 Februari 2022 telah dilaksanakan Pelatihan Relawan Pajak 2022 oleh KPP Pratama Manado dan Kanwil Suluttenggomalut lewat platform Zoom. Kegiatan ini dilakukan oleh KPP Pratama Manado Bersama Kanwil Suluttenggomalut kepada para Relawan Pajak 2022 dari lima universitas di manado yaitu Universitas Katolik De La Salle Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Politeknik Manado, Universitas Prisma dan Institut Agama Islam Negeri Manado.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para Relawan Pajak 2022 tentang pajak dan peraturannya yang terbaru sebelum turun langsung ke lapangan untuk membantu para Wajib Pajak dalam melaporkan SPT Tahunan mereka.

Pada hari pertama dan kedua, materi diberikan oleh KPP Pratama Manado tentang pengetahuan umum perpajakan dan cara pengisian e-Filing Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan. Tak lupa juga diberikan beberapa pertanya untuk menguji pemahaman para Relawan Pajak 2022 yang kemudian dibahas bersama. Pada hari ketiga, materi dibawakan oleh Kanwil Suluttenggomalut mengenai UU HPP dan PPS. Pelatihan ditutup dengan quiz berhadiah untuk 5 orang dengan nilai tertinggi.