Swensy Wales mahasiswa semester 4 (empat) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik De La Salle Manado sangat tertarik dengan bidang teknologi, khususnya bidang otomatisasi. Dengan ketertarikannya itu, swensy mencoba meneliti dan mengembangkan alat pengendali kelembaban tanah pada tanaman dengan cara pemberian air secara otomatis.

Swensy menyebutkan bahwa, alat ini dirancang dalam bentuk prototipe dengan menggunakan Arduino Uno sebagai pengendali utama dalam sistem otomatisasi. Arduino Uno diintegrasikan dengan moisture sensor sebagai pendeteksi tingkat kelembaban tanah dan relay sebagai pengendali pompa air. Mikrokontroller Arduino uno menerima data dari sensor kelembaban mengenai kondisi tanah apakah sudah kering, lembab, atau basah. Apabila datanya menunjukkan bahwa kondisi tanah dalam keadaan kering, maka secara otomatis pompa air akan menyala dan menyalurkan air ke tanaman melalui selang. Alat ini tentunya akan sangat mempermudah petani dalam bercocok tanam.

Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan (Februari – Maret) 2019. Menurutnya, alat ini akan dilanjutkan dengan menerapkan hasil penelitiannya dalam skala yang lebih besar. Selain itu alat ini juga akan dikembangkan pada sistem kontrol dan monitoring secara online.