Tomohon –Mahasiswa Semester VI Kelas B, Program Studi Ilmu Keperawatan UKDLSM kembali melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat ke para lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Agape, Tondano, Sabtu (30/04/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai Demensia-Alzheimer, mencegah terjadinya Demensia-Alzheimer, menekan laju perkembangan Demensia-Alzheimer pada lansia yang menunjukkan tanda dan gejala Demensia-Alzheimer.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan kemampuan kognitif melalui pengisian formulir Mini Mental State Examination (MMSE) yang dikembangkan untuk memeriksa penurunan kognitif yang terjadi pada dewasa tua dan lanjut usia. Dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai Demensia atau Pikun, untuk menurunkan normalisasi pikun sebagai hal yang normal pada lanjut usia.

Tanda dan gejala pikun meliputi penurunan daya ingat, sulit fokus, disorientasi waktu dan tempat, sampai perubahan perilaku dan kepribadian, usia di atas 65 tahun merupakan kelompok yang paling beresiko aplagi mereka yang mempunyai keturunan penyakit Alzheimer, ditambah dengan gaya hidup tidak sehat, kebiasaan merokok, trauma, dan penyakit penyerta ,seperti hipertensi, obesitas, diabetes.

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, menstimulasi otak, fisik, mental dan spiritual seperti belajar bahasa baru, bermain “card-board game”, dan melakukan senam otak, serta bersosialisasi. Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan senam otak bersama lansia untuk menstimulasi otak kiri dan kanan serta kemampuan motorik lansia.