Tomohon – Sejumlah Mahasiswa Semester VI Kelas B, Program Studi Ilmu Keperawatan UKDLSM melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat ke para lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Agape, Tondano, Sabtu (23/04/2022).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai osteoporosis, mencegah terjadinya osteoporosis, mengurangi resiko terjadinya osteoporosis melalui diet yang seimbang dan senam lansia.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan pengukuran Indeks Massa Tubuh para lansia, kemudian dilanjutkan dengan pemberian pendidikan kesehatan dengan materi berupa pengenalan terhadap osteoporosis atau tulang keropos, dengan kelompok resiko osteoporosis seperti usia di atas 35 tahun dengan indeks massa tubuh di bawah 19 dalam etnis asia.

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, ukuran tubuh yang kecil, dan tidak mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik dapat menyebabkan osteoporosis, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, diantaranya ikan teri, sayur brokoli, tempe, tahu, dan susu, serta rajin melakukan aktifitas olahraga, menghindari asap rokok dan miras, dan cukup paparan sinar matahari.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Lansia dan juga pengurus panti yang terlibat merawat lansia, dan diakhiri dengan senam, yaitu mahasiswa dan lansia melakukan senam kaki DM yang bertujuan untuk memperkuat dan melenturkan otot dan tungkai bawah, terutama pergelangan kaki dan jari-jari kaki serta melancarkan peredaran darah.