Dalam rangka peningkatan capaian indikator kinerja utama perguruan tinggi untuk dosen yang memiliki sertifikat kompetensi yang diakui oleh industri, dunia usaha/kerja, maka Fakultas Pertanian Universitas Katolik De La Salle Manado bekerja sama dengan PT GlobalTech Kompetensi Profesi yang merupakan Special Partner dari International Board of Standards (IBS)/Global Academy of Finance and Management (GAFM), menyelenggarakan Training & International Exam untuk Program Certified Strategic Management Analyst (CSMA) yang diikuti oleh lima orang Dosen dari Program Studi Agribisnis.
CSMA itu sendiri merupakan sertifikasi kompetensi pada bidang manajemen strategi yang diakui secara luas di 178 negara di dunia. Melalui kegiatan ini para dosen Program Studi Agribisnis dilatih oleh instruktur dari GAFM/IBS yang tersertifikasi sehingga mereka benar-benar siap dalam ujian kompetensi CSMA.
Sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan dengan bantuan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi RI, yang berhasil diperoleh melalui proposal yang diajukan oleh tim kerja PK-KM Program Studi Agribisnis. Kegiatan pelatihan dan ujian kompetensi dilaksanakan di Hotel Gran Puri Manado dan dimulai pada hari Senin, 21 Agustus 2023 sampai pada hari Kamis, 24 Agustus 2023.
Dosen-dosen dari Program Studi Agribisnis yang berhasil lulus dalam program ini, di antaranya; Dr. Arteurt Yoseph Merung, Dr. Stella Tinny Kaunang, Dr. Stella Maria Pingkan Paendong, Dino Rahardiyan, M.Sc dan Elia Alberth Manuhutu, M.Si.