Pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan “Study Tour” di Sekolah Dasar Santo Agustinus Warembungan Kecamatan Pineleng kabupaten Minahasa dan 2 tempat wisata yakni Monumen Benteng Moraya Roong Tondano Barat Kabupaten Minahasa dan Bukit Kasih Kawangkoan – Kanonang Kabupaten Minahasa. Mahasiswa – mahasiswi yang berjumlah 25 orang melakukan kegiatan observasi berkaitan dengan mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup di SD dengan dosen mata kuliah Veronica Yonita Wongkar, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan melatih mahasiswa agar mampu mengamati langsung, mengetahui, dan mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan sekolah dan tempat budaya. Hasil observasi tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk laporan singkat dari setiap mahasiswa dan dipublikasikan di media sosial (Koran) bagi mahasiswa yang hasil tulisannya memenuhi syarat.

Tempat dan suasana di 3 lokasi observasi yang berbeda membuat para mahasiswa menikmati, merasa senang dan merasa betah untuk berlama-lama. SD Katolik St. Agustinus Warembungan yang menjadi tempat observasi memberikan kesan positif. Lingkungan sekolahnya yang bersih membuat sekolah tersebut cocok bagi pendidikan anak-anak SD ditambah dengan kesan ramah dari Kepala Sekolah Ibu guru Meyti Kalesaran, S.Pd yang menerima kehadiran kami bersama beberapa guru lainnya.

Dari observasi yang dilakukan oleh para mahasiswa ditemukan bahwa ada 187 siswa-siswi yang bersekolah disitu dengan 10 ruangan sudah termasuk ruangan kelas, ruang guru dan ruangan kelas parallel. Jumlah guru 9 orang (guru PNS dan guru honor)

Kegiatan observasi ini ditutup dengan kesan dari para mahasiswa bahwa setelah melakukan observasi ini mereka memperoleh wawasan dan pengetahuan baru berhubungan dengan pendidikan lingkungan hidup serta menjalin keakraban dari setiap mahasiswa.