Suatu kebanggaan bagi Universitas Katolik De La Salle Manado dimana 2 (dua) orang Dosen Fakultas Teknik, Angelia Melani Adrian, Ph.D dan Lianly Rompis, ST., MITS berhasil lolos seleksi dan diundang untuk mengikuti Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional pada tanggal 27-28 November 2019 bertempat di Hotel Aryaduta Manado.

Dalam klinik ini para dosen mendapatkan pendampingan penulisan oleh para pakar. Pendampingan dibagi dalam kelompok menurut topik yang berkaitan. Kedua dosen berhasil meraih peserta terbaik di kelompoknya masing-masing dengan fasilitatornya Prof. Dr. Siti Nurmaini dan Dr. Fahmi Mubarok.

Klinik Penulisan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado.

Tujuan klinik penulisan adalah untuk menfasilitasi Publikasi Ilmiah dimana diharapkan pada tahun 2020 – 2024 terjadi peningkatan kualitas Kekayaan Intelektual (KI). Dari segi kuantitas saat ini Publikasi Ilmiah Indonesia terbanyak di Asia Tenggara namun perlunya mendorong peningkatan publikasi ilmiah agar merata dan bisa tersebar dari Sabang sampai Merauke disamping perlunya juga meningkatkan kualitas publikasi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM Universitas Negeri Manado, Prof. Dr. Revolson A. Mege, MS dimana beliau mendorong para dosen untuk meneliti dan memasukkan proposal penelitian.

Materi utama dibawakan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Bapak Prof. Dr. Sadjuga, mengenai Kebijakan Publikasi Ilmiah di Indonesia. Alasan mengapa para dosen harus publikasi ilmiah adalah dilatarbelakangi oleh keadaan Indonesia yang berbasis Ekonomi Sumber Daya Alam: kayu, minyak, dan sebagainya. Perguruan Tinggi harus memikirkan bangsa Indonesia secara keseluruhan dan hal ini dapat dilakukan melalui penelitian dan publikasi ilmiah.

Untuk melatih kemampuan menulis artikel ilmiah, tersedia Aplikasi Android RuangKerja yang menawarkan pelatihan online secara gratis: id Menulis (Indonesia Menulis) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta yang merupakan mahasiswa, dosen, dan peneliti tentang bagaimana cara menulis jurnal/publikasi ilmiah dengan baik dan benar.