Tim penerima hibah Universitas Katolik De La Salle Manado melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemdikbudristek tahun 2022 telah berhasil membuat suatu alat unik bagi Kelompok Masyarakat Desa Kaweruan. Tim penerima hibah terdiri dari Ryan L. Singgeta, ST., M.Sc sebagai Ketua dan  Ignatia R. Honandar, SE., M.Sc sebagai anggota serta dosen dari Unsrat, yaitu Bapak Pinrolinvic D. K. Manembu, ST., MT., sebagai bentuk kolaborasi antar universitas.   Tim bersama mahasiswa program studi Teknik Elektro UKDLSM terjun langsung melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Kaweruan Likupang Selatan, Kabupatan Minahasa Utara selama kurang lebih 8 bulan, yang dimulai dari bulan Mei sampai Desember 2022 nanti.

Kelompok Budidaya Ikan Desa Kaweruan yang merupakan mitra dan sasaran kegiatan pada program ini dipilih karena mitra tersebut memiliki potensi yang besar dalam berwirausaha budidaya ikan mujair serta memiliki kemauan dan kerja keras dalam memajukan perekonomian desa. Sebagai wujud pelaksanaan PKM ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan pelatihan dan pendampingan pada kelompok masyarakat tersebut, seperti pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan dan cara mengatur arus kas masuk dan kas keluar serta pelatihan dan pendampingan mengenai metode pembudidayaan ikan mujair yang baik dan benar. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pelatihan mengenai pengoperasian alat dispenser pakan otomatis pada tanggal 4 November 2022.

Dalam program ini, tim berhasil membuat Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Things. Alat ini telah didemokan dan disaksikan langsung oleh Hukum tua setempat bersama dengan kelompok budidaya ikan Desa Kaweruan. Alat yang didemokan dapat berjalan sesuai harapan, di mana jumlah pakan dan jadwal pemberian pakan dapat diatur dan dikendalikan secara langsung via aplikasi smartphone. Aplikasi ini dapat memonitor jumlah pakan yang diberikan dari jarak jauh dan dapat mengetahui suhu dan kelembaban yang ada di kolam ikan selama alat tersebut terkoneksi dengan Internet.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan penyerahan alat oleh ketua tim PKM kepada ketua kelompok budidaya ikan, Bapak Hendra Weku. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memajukan perekonomian dan kesejahteraan desa ke arah  yang lebih baik.