Mengawali tahun 2017, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat beserta Lembaga Misi dan Identitas mengadakan Refleksi Karya dengan tema: “Concern for the poor and social justice”. Tema ini merupakan salah satu prinsip inti yang ada dalam Spiritualitas Lasallian. Adapun dalam Refleksi Karya yang pertama kali dilegar ini, tema dikonkretkan dengan dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yakni : Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarat dan Penanaman  Bakau (Mangrove) di Daerah Perlindungan Laut, Pulau Gangga, Desa Gangga 1 pada 25 -26 Januari 2017. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Civitas Unika De La Salle Manado dan Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle Manado.

Pada kesempatan kali ini kurang lebih 100 orang turut serta didalamnya. Tepat pukul 07.30 WITA Rabu, 25 Januari 2017 rombongan bertolak dari Kampus Unika De La Salle Manado menuju pelabuhan penyeberangan di Desa Serei, dengan menggunakan 3 buah bus sembari disambut oleh hujan yang sangat deras. Namun demikian, semua itu sama sekali tidak mengurangi antusias dan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.  Sesampainya di pelabuhan penyeberangan, rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu untuk menuju Pulau Gangga. Tiga orang Imam turut serta bergabung di dalam rombongan masing-masing, Rektor Unika De La Salle Manado : RD. Revi Tanod ; Ketua Yayasan PTUDLS Manado : RD. Benny Salombre dan Kepala LMI UDLSM : RD Andreas Rumayar.

Dalam pembukaan kegiatan ini Pastor Andreas Rumayar, Pr selaku Kepala LMI memberikan sedikit pengarahan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya setiap peserta akan dibagi ke dalam kelompok – kelompok kecil yang nantinya akan disebar ke rumah umat sekitar untuk hidup dan membaur bersama mereka (Live-in). Kegiatan Live-in akan dilaksanakan selama sehari semalam dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan penanaman sebanyak 800 bibit pohon Bakau (Mangrove) di daerah perlindungan laut Gangga. Sementara ditempat lain team medis dan kesehatan membuka pos pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat setempat.

Penutupan kegiatan ini dihadiri juga oleh Bpk. Ramly Aroh selaku ketua Stasi Stella Maris Gangga dan Ibu Yenny Manebang selaku Hukum Tua Gangga 1. Kedua Tokoh Agama Masyarakat tersebut memberikan apresiasi yang besar atas terlaksanya kegiatan ini, sambil berharap agar Unika De La Salle dapat melaksanakan kegitan serupa di Pulau Gangga di lain kesempatan. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan ini berhasil sukses. Secara pribadi Rektor Unika De La Salle memberikan ucapan selamat dan terima kasih atas terlaksananya kegitan ini. “An evaluated experience is the best teacher” Semoga pelajaran yang diperoleh dari pengalaman di pulau Gangga ini semakin memperkaya hidup dan karya serta pelayanan kita di Unika De La Salle Manado, ujar Pst. Revi mengakhiri ucapan terima kasihnya. Animo… LASALLE!!!