Sabtu,  8 Februari 2020 di Atrium Mantos 3, menjadi puncak pemilihan Putra-Putri Dirgantara Sulawesi Utara. Pemilihan Putra-i Dirgantara ini bekerja sama dengan Fakultas Pariwisata Universitas Katolik De La Salle Manado. Sebelum Malam Grand Final,  rangkaian kegiatan yang di lakukan antara lain melakukan Promosi Universitas dan Fakultas Pariwisata( FakPar) di Atrium Mantos 3 oleh Panitia PMB Fak.Par yg dipandu Rey Pijoh & Misi Wauran juga Keluarga Besar FakPar UKDLSM. Kegiatan tersebut sangat meriah karena dimeriahkan dengan tari tarian tradisional dan tarian modern dari mahasiswa FakPar.

Dalam puncak kegiatan malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Dirgantara  tahun 2020, diawali laporan Ketua Panitia , Mem Jelly Walansendow SE.S.ST.Par..,MSi. Dalam laporannya Pemilihan Putra-i Dirgantara Sulut ini memasuki Tahun ke-4 kerja sama antara TNI AU dan Fakultas Pariwisata UDLS dan  juga merupakan promosi Unika De La salle Manado kepada generasi muda khususnya SMA- SMK se- Sulut dalam menjaring para pesertanya, Roadshow SMA/SMK se-Sulut dilakukan sejak bulan Desember dan yang mendaftar adalah 124 orang.

Harapan kami,  semoga Generasi Muda yang ada di Sulut makin memahami Kedirgantaraan & Pariwisata serta menjadi panutan untuk sesama,masyarakat, dan lingkungan. Kegiatan ini juga di hadiri Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E., bersama Ketua PIA Ibu Linda Adeleida Kaligis juga sebagai Pembina IPPDS. Dalam sambutannya, Danlanudsri salut terhadap kegiatan ini, dan memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras hingga terwujudnya acara ini. Kegiatan pemilihan Putra Putri Dirgantara ini bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara dan juga untuk lebih mendekatkan TNI Angkatan Udara dengan masyarakat, sekaligus merupakan upaya bela negara melalui dirgantara juga menjelang Dies Natalis FakPar ke- 5 tahun 2020.

Di akhir sambutannya Komandan berpesan “Isilah masa mudamu dengan kegiatan-kegiatan positif, karena berhasil tidaknya kalian dalam meraih masa depan di tentukan oleh masa mudamu, raihlah cita cita mu setinggi langit namun jangan lupa berbakti kepada kedua orang tua dan tentunya berdoa,” ujar Komandan Lanud Sam Ratulangi.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak bulan Januari Tahun 2020 ini melewati beberapa tahap seleksi dan dengan 24 finalis Putra dan Putri Dirgantara Sulut 2020. Kemudian ke 24 Putra Putri Dirgantara Sulut masuk karantina selama 3 hari dan diberi berbagai macam materi antara lain materi tentang pariwisata dan budaya yang dibawakan oleh Winfrit Lakoy S.ST.Par, yang juga sebagai Ketua Ikatan Putra- i Dirgantara Sulut, materi Public Speaking oleh Ibu Jelly Walansendow SE. S.ST.Par., MSi (Pembina IPPDS & Dosen Fakultas Pariwisata & Koord Bid Promosi FakPar )Unika De La Salle Manado, materi tentang TNI AU dan kedirgantaraan oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E. & KadisPers Bpk, Kubais Baraham dan  Materi Bahasa Inggris & Kepariwisataan oleh Dekan Fakultas Pariwisata Dr. Stevanus Ngenget, S.S., M.A & Ketua Program Study Hospitality & Pariwisata Machiko Nugraha Indriyanto, S.E.,M.Par . Dan juga dalam karantina yang berlangsung selama 3 hari selain diberi berbagai macam materi oleh para Instruktur mereka diajarkan untuk menyusun Advokasi yang nantinya mereka yang terpilih menjadi Putra-i Dirgantara akan mengaplikasikan advokasi itu.

Dalam Puncak Grand Final ini juga setiap  Finalis yang masuk 6 besar itu sudah melewati tahap-tahap baik tahap tes tertulis, interview juga menampilkan advokasi program kemanusiaan yang telah mereka susun saat karantina untuk diaplikasikan ketika nantinya terpilih sebagai Putra-i dirgantara sehingga setelah melalui proses seleksi, akhirnya Noah Mansiur (Utusan Manado) dan Rinoah Senduk (Utusan Tomohon) dinobatkan menjadi Putra dan Putri Dirgantara Sulawesi Utara tahun 2020.

Kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa oleh masyarakat dan pengunjung Mantos 3 terlihat dari banyaknya supporter dan antusias masyarakat yang memadati lokasi pelaksanaan malam Grand Final tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan terlaksana  dengan baik dan meriah kerjasama Fakultas Pariwisata Universitas Katolik De La Salle Manado, TNI AU Sam Ratulangi, IPPDS.

Animo Lasalle.

Salam Pariwisata: Wonderful Indonesia

Salam Dirgantara Swa Bhuwana Paksa, Salam Sejahtera

Daftar Pemenang yang mendapatkan gelar pemilihan Putra-i dirgantara 2020:

  • Putra Dirgantara : Noah Mansihur (Manado)
  • Putri Dirgantara  : Rinoa Senduk (Tomohon)
  • Wkl I Putra : Rigelkent Antou (SMA Kr.  2 Binsus Tomohon?)
  • Wkl I Putri  : Rachel Angelica (Minahasa)
  • Wkl II Putra : Yudistira Ompi ( Manado)
  • Wkl II Putri  : Angelica Aerawan (Manado)
  • Harapan I Putra : Richard Apituley (Kotamobagu)
  • Harapan I Putri  : Audra Dwitama (SMA Karitas Tomohon)
  • Harapan II Putra : Gilby Kalalo (Kakas)
  • Harapan II Putri  : Gratcia Kalumata (SMA Kr. 2 Binsus Tomohon)
  • Intelegensia Putra : Samuel Kawulusan (SMA N 1 Manado)
  • Intelegensia Putri  : Jesica Turambi (SMA Rex Mundi)
  • Advokasi Putra : Ricky Gonie (SMA Karitas Tomohon)
  • Advokasi Putri  : Selvina Tambariki (Unika De La Salle)
  • Photogenic Putra : George Mamuaja (SMA Karitas Tomohon)
  • Photogenic Putri  : Angelica Kuhon (SMA Kr. 2 Binsus Tomohon)
  • Persahabatan Putra  : Franko Tamuntuan (Minahasa)
  • Persahabatan Putri   : Vanesa Kilis (Minahasa Utara)