Pelaksanaan kegiatan Orientasi Dosen Tenaga Pendidik tahun akademik 2021-2022 dilaksanakan dengan cara yang tidak biasa. Hal ini dilakukan karena pembatasan kegiatan di kampus Unika De La Salle Manado. Kegiatan Orientasi Dosen kali ini dibuat secara daring dengan media zoom meeting dilaksanakan pada hari Selasa, 7 September 2021 pukul 15.00 WITA-selesai. Rektor turut hadir memberikan arahan pada awal kegiatan dan menjelaskan mengenai pentingnya kegiatan ini untuk memberi motivasi dan energi yang baru untuk mengawali Tahun Akademik yang baru dengan semangat yang baru.

Menurut Rektor, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur, “Sejak tahun akademik 2018-2019 telah dimulai tradisi orientasi dosen dan hal ini berlanjut pada tahun berikutnya. Namun pada tahun 2020, kegiatan orientasi tidak diadakan karena adanya pandemik. Di tahun 2021 kegiatan Orientasi Dosen diadakan walaupun secara daring karena sy menyadari pentingnya kegiatan ini bai para dosen”.

Ada beberapa hal yang menjadi penekanan dari Rektor. Pertama, Rektor berterima kasih kepada semua dosen (tetap dan tidak tetap) yang sepanjang TA 2020-2021 telah bekerja keras untuk penyelenggaraan pendidikan dengan beban lebih berat karena situasi pandemi dengan pembelajaran daring. Kedua, beliau memberi penghargaan dan apresiasi kepada Biro Promosi dan Admisi yang telah sukses bekerja. Ketiga, Rektor mengharapkan Dekan dan KPS untuk mengoordinasi kinerja dosen dari segi jadwal kuliah dan praktik, perlu adanya monitor dan evaluasi untuk setiap kegiatan dosen-dosen, seperti supervisi kelas dan evaluasi dari LPMI untuk setiap dosen, mengoordinasi setiap dosen agar mengisi BKD/LKD setiap semester dan memperhatikan kelengkapan administrasi. Keempat, diharapkan setiap dosen mengomunikasikan KRS mahasiswa, tata tertib perkulihaan, merencanakan dan menyiapkan materi sebaik-baiknya. Dosen menginformasikan ke mahasiswa platform (Moodle, SPADA, Google Classroom) yang digunakan dan link perkuliahan ke mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai. Jika ada pembatalan kuliah, wajib diberitahukan sehari sebelum perkuliahan di WA Grup Class apabila ada kegiatan yang diikuti dosen. Catatan tambahan oleh Rektor mengenai tata tertib Universitas tahun 2017 mengenai toleransi keterlambatan 15 menit dalam kuliah, aturan berpakaian pejabat struktural, panitia wisuda, pangkat akademik dan publikasi dosen.

Untuk materi Orientasi Dosen tahun ini sebagai pembicara, yaitu Wakil Rektor I Ibu Debby Paseru dan Biro Administrasi Akademik Dosen Bapak Ronaldo Rottie yang memaparkan mengenai BKD Sister dan Serdos Smart untuk penunjang aktivitas pelaporan dosen dan sertifikasi dosen. WR 1 mengingatkan untuk setiap dosen dapat memasukkan data sesuai periode waktu pengisian BKD untuk dilaporkan. Hal ini akan berkaitan dengan pangkat akademik dengan menggunakan Sister PAK.