Pada Semester Genap TA. 2021-2022 Mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, Devid Ering berhasil merealisasikan idenya untuk membuat Prototipe Sistem Sorting Biji Pala Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Arduino sebagai Tugas Akhir, dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing I, Mem Lianly Rompis, S.T., M.I.T.S., Dosen Pembimbing II, Sir Verna Bokau, S.T., M.T., dan Co-Pembimbing, Sir Kristian Dame, S.T., M.Sc.

Sistem sorting biji pala ini dapat memberikan manfaat bagi setiap petani pala karena biji pala akan dapat tersortir secara otomatis sesuai dengan standar dari masing–masing biji pala.

Pemrosesan biji pala sebelum dijual biasanya harus melewati beberapa tahap, mulai dari tahap panen, kemudian memisahkan buah pala terhadap kulit luar, lalu memisahkan buah pala dari kulit dalam sehingga yang tersisa hanyalah biji pala, dilanjutkan dengan proses penjemuran dan terakhir adalah penyortiran.

Proses sortir memerlukan waktu yang cukup lama karena harus menimbang biji pala dengan teliti agar bisa memaksimalkan proses sortir. Pada penyortiran secara manual sering terjadi kesalahan karena kurangnya konsentrasi pekerja saat menyortir biji pala. Namun dengan mesin yang dibuat, kendala ini dapat teratasi. Mesin ini dapat melakukan penyortiran dengan baik karena mesin ini dapat memisahkan atau mengelompokkan biji pala sesuai kualitas yang ada.  Kualitas biji pala terdiri dari lima jenis kualitas, yaitu kualitas A, kualitas B, kualitas C, kualitas SS atau kualitas II/rimple, dan kualitas BWP (Broken Wormy Punky).