Kegiatan Lasallian Formation merupakan salah satu formasi intergral mahasiswa yang dilaksanakan untuk mahasiswa semester awal. Kegiatan ini bersifat wajib dan biasanya dilaksanakan pada awal perkuliahan untuk memperkenalkan sosok St. Johanes Baptis De La Salle yang merupakan pelindung Universitas Katolik De La Salle Manado kepada para mahasiswa. Dalam kegiatan ini ada sosialisasi dan penegasan tentang apa yang menjadi visi, misi, tujuan dan sasaran dari pendidikan De La Salle, juga tentang siapa dan bagaimana cara hidup seorang Lasallian sebagai pribadi (Lasallian student) dan kehidupan bersama dalam satu komunitas (Lasallian family), serta nilai-nilai dasar sebagai identitas Unika De La Salle Manado dan bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
Pada hari Rabu-Kamis tanggal 9-10 Juni 2021 bertempat di kampus Unika De La Salle Manado, kegiatan Lasallian Formation untuk kedua kalinya diselenggarakan secara luring selama masa pandemi Covid-19. Peserta dalam kegiatan ini adalah para mahasiswa Tahun Akademik 2020/2021 dari lintas fakultas serta beberapa mahasiswa aktif tapi belum pernah mengikuti Lasallian Formation. Sebelum memulai kegiatan, para peserta maupun tim kerja wajib melakukan SWAB Test Antigen. Tim kerja memfasilitasi pelaksanaan SWAB Test Antigen ini agar semua peserta maupun tim kerja yang berproses dalam kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan oleh gugus tugas universitas dan sesuai aturan dari pemerintah.
Setelah melakukan SWAB Test Antigen semua peserta diarahkan untuk masuk dalam ruangan masing-masing dengan didampingi oleh satu orang fasilitator pendamping. Seluruh peserta dibagi dalam 5 ruangan yang terdiri dari 20-25 mahasiswa per ruangan. Hal ini diatur untuk menghindari kerumunan dan agar pelaksanannya tetap sesuai dengan protokol kesehatan.
Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor Unika De La Salle Manado, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur dan selanjutnya peserta mengikuti sesi dari Brother Rey Cocoy Mejias, FSC melalui aplikasi Zoom. Brother Rey Cocoy Mejias, FSC yang biasa disapa dengan panggilan Bro. Rey, adalah salah satu dari De La Salle Brothers (bruder-bruder De La Salle) yang berasal dari Manila, Filipina. Bro. Rey yang adalah fasilitator atau pendamping utama dalam kegiatan Lasallian Formation sudah beberapa kali memberikan materi Lasallian Formation kepada mahasiswa pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh Bro. Rey, para peserta dibantu oleh para fasilitator pendamping yakni beberapa dosen di Unika De La Salle Manado yang dipilih dan sudah pernah mengikuti pelatihan dan pendalaman materi Lasallian Formation for Students.
Kegiatan ini diakhiri dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Chaplain Unika De La Salle Manado yaitu Father Hendro A. Kandowangko, Pr yang kemudian ditutup oleh penyampaian kesan dan pesan dari peserta mengenai kegiatan ini. Kegiatan ini tidak kehilangan maknanya meskipun penyelenggaraannya dilaksanakan “di-luar dari kebiasaan”, di mana sebelum masa pandemi biasanya dilaksanakan di luar kampus, dalam suasana yang berbeda dengan proses perkuliahan, untuk mendorong mahasiswa agar lebih fokus dan nyaman selama kegiatan.
Akhirnya semoga para peserta mendapatkan makna yang dalam tentang sosok St. John Baptis De La Salle dan mendapatkan nilai hidup yang menjiwai selama berkuliah di universitas ini sebagai Lasallian Student. “Enter to Learn, Leave to Serve”.
ANIMO LASALLE