UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle bersama Penerbit ANDI menyelenggarakan Kegiatan Workshop Penulisan Buku dengan tema “Tips dan Trik Menulis Buku Best Seller” pada Hari Jumat, 03 Maret 2023, yang diperuntukkan bagi Dosen UKDLSM.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Johanis Ohoitimur sebagai Rektor Universitas Katolik De Salle Manado. “Saya senang dengan kegiatan ini, apalagi dengan temanya Tips dan Trik Menulis Buku. Menulis buku memang membutuhkan tips dan trik supaya mudah dipahami. Buku merupakan hasil pemikiran dosen menyangkut pengalaman hidupnya sehingga buku tersebut dapat menjadi rekam jejak karya dosen”, kata Rektor.  Rektor juga mengharapkan supaya kegiatan ini dapat meningkatkan animo dosen dalam menulis buku. Selain karya ilmiah, seperti jurnal nasional dan internasional, karya tulis buku telah menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen untuk pemenuhan tridarmanya. Rektor juga membagikan pengalaman beliau dalam menghasilkan karya tulis buku dan diterbitkan sejak masih menempuh Pendidikan di Seminari Pineleng. Beliau dapat melakukan ini karena pengalaman beliau sebagai seorang wartawan sejak menjadi mahasiswa. “Penggunaan kamus Bahasa Indonesia menjadi modal saya dalam menulis buku”, kata Rektor karena ada kata baku yang kadang salah digunakan. Dalam akhir sambutannya, Rektor berharap agar dosen lebih produktif dalam menghasilkan buku yang dapat diterbitkan melalui kerja sama dengan Penerbit ANDI.

Selanjutnya, pemaparan materi Workshop diberikan oleh Bapak William Saripada selaku Manager Marketing Penerbit ANDI Cab. Manado. Pak William memberikan tips dan trik mengenai pemilihan penerbit yang benar, bagaimana menjadi seorang penulis yang baik, dan bagaimana menentukan judul buku yang sesuai dengan kebutuhan pasar. “Dalam menulis buku, perlu memikirkan tema, apakah populer atau tidak? Tema buku yang popular biasanya akan cepat diterbitkan meskipun pengarangnya belum dikenal”, menurut Pak William. Beliau juga menyampaikan mengenai proses penerbitan buku, yang dimulai dari proses review, edit dan pembuatan sampul buku.

Kegiatan Worksop ini dihadiri oleh para dosen berbagai prodi yang ada di lingkungan UKDLSM dan ditutup dengan foto bersama.