Manado, 7 Mei 2019, Klaas Arends, seorang pengacara dari Belanda, ahli di bidang Hukum Lingkungan Hidup bersama dengan mantan Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado, Pastor Revi R. H. M. Tanod, S.S., M.A., Ph.D. mengadakan diskusi dengan para Dosen dan beberapa Mahasiswa Fakultas Hukum, juga ada Dosen dari Fakultas Keperawatan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pariwisata.

Dalam pembukaan diskusi tersebut, Helena Tambajong, SH., MH. selaku Dekan Fakultas Hukum menyampaikan rasa terima kasih karena Klaas, sapaan dari pengacara tersebut, bersedia untuk melakukan diskusi di Unika De La Salle bersama dengan para Dosen dan Mahasiswa. Dekan mengatakan bahwa Unika De La Salle Manado sangat peduli dengan Lingkungan Hidup. Program peduli lingkungan hidup yang telah dijalankan oleh Universitas adalah pengurangan penggunaan kertas dan botol plastik. Penyaluran informasi dilakukan melalui email dan atau WhatsApp Group.  Juga para Dosen, Staf, dan Mahasiswa disarankan untuk membawa botol minum sendiri.

Kesempatan ini Klaas memberikan pandangan bagaimana hukum di Belanda khususnya di bidang Lingkungan Hidup diterapkan. Apabila orang-perorangan ataupun perusahaan melanggar peraturan di bidang lingkungan hidup maka akan diberikan penalty yang sangat tinggi sehingga mereka berpikir dua kali untuk melakukan pelanggaran. Di negeri Belanda, sistem beracara di pengadilan yaitu apabila berkeberatan dengan putusan dari pengadilan, bisa mengajukan ke tingkat pengadilan yang lebih tinggi. Hal tersebut sama dengan sistem beracara yang ada di Indonesia, mengingat bahwa sistem hukum Indonesia menggunakan Civil Law System dari Belanda yang berasal dari Prancis.

Pada saat diskusi, para dosen dan mahasiswa sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar lingkungan hidup dan ditanggapi dengan sangat baik oleh Klaas. Pastor Revi menambahkan bahwa Fakultas Hukum diharapkan bisa menyebarluaskan, memberi contoh yang baik, dan mensosialisasikan peraturan-peraturan di bidang lingkungan hidup. Pada akhir diskusi Klaas berharap pada kunjungan berikutnya, dia bisa memberikan kuliah umum kepada seluruh mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Unika De La Salle Manado.