Setiap semester Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM) selalu aktif dalam mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya adalah program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Menurut PIC program ini, Sir Michael Sumampouw, pada Program MSIB angkatan ke-2 yang dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, UKDLSM berhasil meloloskan 4 Mahasiswa yang akan mengikuti program Studi Independen Bersertifikat. 4 Mahasiswa ini terdiri dari 2 program studi yang berbeda ,yaitu Teknik Informatika dan Ilmu Hukum. Mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika adalah Yohanes Harke Wauran, Phil Anggara Everhard Bawole, dan Aditya Ekafernanda Manansang. Sedangkan mahasiswa dari Prodi Ilmu Hukum adalah Indah Jhosepin Veronika Mabui. Tujuan Mitra dari mahasiswa peserta Studi Independen berbeda-beda, yaitu Harke mengikuti kegiatan Pengembang Front-End Web dan Back End di PT. Presentologic (Dicoding), Phil dan Aditya mengikuti kegiatan Cloud Computing Learning Path di PT. Presentologic (Bangkit Academy 2022 by Google, GoTo, Traveloka), dan Indah mengikuti kegiatan Startup Campus di Yayasan Bakti Achmad Zaky.

Lebih lanjut, PIC menjelaskan bahwa kegiatan MSIB angkatan ke-2 ini mendapatkan apresiasi yang baik dari mitra dalam bentuk penghargaan karena prestasi yang diraih oleh mahasiswa. Mahasiswa yang bisa memperoleh prestasi, yaitu Yohanes Harke Wauran yang menjadi Lulusan Terbaik pada kegiatan Pengembang Front-End Web dan Back End di Dicoding. Harke dari prodi Teknik Informatika bersama 29 Mahasiswa yang lain mengalahkan 270 Mahasiswa yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia yang juga mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu prestasi lainnya diperoleh mahasiswa prodi Ilmu Hukum, yaitu Indah Jhosepin Veronika Mabui yang mengikuti kegiatan Startup Campus di Yayasan Bakti Achmad Zaky. Indah dan 2 temannya dari Universitas Klabat memperoleh juara 2 pada kegiatan tersebut sebagai team startup terbaik bersaing dengan 96 Mahasiswa yang berasal dari seluruh Universitas di Indonesia. “Banyak selamat kepada kedua mahasiswa tersebut dan semoga prestasi mereka diikuti juga oleh mahasiswa yang lain”, demikian pernyataan dari Sir Michael.

Pencapaian dari mahasiswa yang mengikuti MSIB ini memberikan pengalaman yang sangat berarti untuk masa depan, seperti tujuan dari kegiatan MSIB, yakni memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompentensi spesifik dan praktis yang dibutuhkan oleh dunia usaha dunia industri.