Lasallian Initiation and Orientation (LASIO) 2021 diikuti oleh 401 orang mahasiswa yang terbagi atas 242 mahasiswa baru dan 159 mahasiswa lama yang belum mengikuti kegiatan LASIO sebelumnya. Pelaksanaan LASIO ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dan kegiatan yang ada di Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM), serta mempersiapkan mahasiswa agar bisa belajar di perguruan tinggi termasuk dalam hal mematuhi aturan dan ketentuan yang ada.

Kegiatan LASIO dibuka secara resmi oleh Rektor UKDLSM Prof. Dr. Johanis Ohoitimur dan sekaligus sebagai narasumber pada Sesi I tentang Sejarah, Visi dan Misi UKDLSM. Selanjutnya pada Sesi II tentang Kegiatan Kemahasiswaan dan Ormawa dibawakan oleh narasumber Dr. Stella T. Kaunang, S.Pi., M.Si. Sesi III tentang Lasallian Values dan Tradisi Spiritual di UKDLSM dibawakan oleh Margie Ch. Poluan, S.E, M.S.A. Sesi IV dengan materi Pembelajaran Daring dan Program Teach Cast dibawakan oleh Debby Paseru, S.T., M.M.S.I., M.Ed. Sesi V tentang Peraturan Hukum dan Norma Moral dibawakan oleh Dr. Josef R. Raco, M.Sc. Dan pada Sesi VI sekaligus sesi terakhir tentang Kebijakan Sistem Keuangan UKDLSM dibawakan oleh Frankie Taroreh, S.E, M.M. Selanjutnya LASIO ditutup dengan Rapat Terbuka Senat Akademik. Dalam Rapat tersebut dinyatakan bahwa seluruh peserta LASIO 2021 telah resmi menjadi mahasiswa dan menjadi bagian dari Keluarga Besar UKDLSM dengan sebutan Lasallian. Dalam rangkaian Acara Penutupan LASIO 2021 diumumkan juga yang menjadi Lasalliano dan Lasalliana Tahun 2021. Gelar ini merupakan gelar yang diberikan kepada peserta yang dilihat dari tepat waktu dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti sesi sampai akhir kegiatan. Christian V. J. Kandori dari Program Studi Teknik Informatika dan Gratia G. Posumah dari Program Studi Manajemen terpilih sebagai Lasalliano dan Lasalliana Tahun 2021.

Natalia E. Rakinaung, S.Kep., Ns., M.N.S. selaku Ketua Panitia pada Kegiatan LASIO 2021 mengatakan “Puji Tuhan Kegiatan LASIO Tahun 2021 telah terlaksana dengan baik, tentunya itu semua berkat kerja keras, semangat dan team work yang solid dari seluruh tim kerja. Saya sangat bangga dan terharu karena walaupun dihadapkan dengan Pandemi Covid-19 yang dimana semua dilaksanakan dengan tatanan hidup baru tapi LASIO Tahun 2021 ini sukses dilaksanakan dan tentunya bisa menginspirasi banyak pihak. Animo Lasalle!”.