Tahap profesi ners merupakan tahap praktik klinik program studi profesi ners yang terdiri dari sekumpulan mata kuliah praktik klinik keperawatan yang kegiatannnya pembelajarannya terpusat di lingkungan Rumah Sakit, Puskesmas, Panti Werdha, dan Komunitas. Selama kurang lebih 1 tahun (2 semester) mahasiswa praktik profesi ners melangsungkan pendidikan profesinya. Fakultas Keperawatan adalah salah satu unit pengelola program studi profesi ners di Universitas Katolik De La Salle Manado. Mahasiswa kami telah melaksanakan tahap profesi ini sejak tanggal 15 Oktober 2018. Stase Keperawatan Komunitas adalah salah satu stase yang banyak melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Stase ini dilaksanakan selama 6 minggu dari tanggal 17 Juni 2019 sampai dengan 27 Juli 2019 di Kecamatan Kakas.

Enam minggu adalah sebuah stase yang penuh dengan pengalaman berharga bagi mahasiswa profesi ners Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado di Kecamatan Kakas. Lebih dari 1 bulan mahasiswa profesi ners berbaur dengan kehidupan masyarakat di bagian selatan Kabupaten Minahasa yang mayoritas penduduknya adalah nelayan dan petani. Delapan desa yang menjadi lokasi praktik yaitu Kaiwatu, Kaweng, Mahembang, Makalelon, Rinondor, Toulimembet, Tumpaan dan Wineru. Kehidupan berkomunitas merupakan kehidupan multidimensional dari berbagai elemen masyarakat. Situasi seperti ini mengharuskan seorang perawat komunitas untuk mampu menguasai keperawatan transkultural dalam mengimplementasikan keperawatan lintas budaya. Hal ini merupakan salah satu aplikasi dari motto ‘Cultura’ dari Unika De La Salle Manado.

Di akhir stase Keperawatan Komunitas, Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado melaksanakan Penarikan dan Seminar Akhir yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2019. Kegiatan penarikan ini digelar di Aula Gereja Sentrum Kakas. Penarikan ini dihadiri oleh aparat pemerintah desa dan kecamatan di lingkungan kecamatan Kakas. Para pejabat struktural dan dosen pembimbing/CT (clinical teacher) juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa program studi profesi ners yang mengikuti stase praktik Keperawatan Komunitas berjumlah 65 orang. Mahasiswa tersebar di 8 desa dengan kuota (7 – 9 orang per desa) telah turut melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat. Masyarakat di desa sangat menghargai kehadiran dari seluruh mahasiswa. Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, telah diupayakan terlaksana oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado. Dengan berakhirnya kegiatan ini, Bpk. Jefry Maisiouw, SPT selaku camat Kakas memberikan kesan yang sangat baik dalam sambutannya. Beliau dan jajaran pemerintah kecamatan Kakas mengharapkan ada kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan bersama Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado di masa mendatang.