Dirgahayu PPNI!! Itulah kalimat yang tersebar pada selebaran undangan panitia penyelenggara HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tahun 2019.  Peringatan HUT PPNI jatuh pada tanggal 17 Maret 2019 yang saat ini sudah berusia 45 Tahun. Event ini diketuai oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kabupaten Minahasa: Ineke A. Ratulolos, AMd., Kep., S.Pd., M.Kes. dengan Tema yang diusung yaitu “Keluarga dan Masyarakat Sehat bersama Perawat”. Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun tersebut, dirangkaikan juga dengan Hari Perawat se-dunia yang nantinya jatuh pada tanggal 12 Mei 2019. Beberapa acara telah dikemas sedemikian rupa oleh panitia yakni Deklarasi Pemilu Damai, Deklarasi  Program Kesehatan, Go Green, Senam Korea, Senam Diabetes, Senam Lansia, dan Fun Bike. Diharapkan acara yang digelar dapat memeriahkan kegiatan HUT PPNI KE-45.

Pada hari Jumat, 05 April 2019 PPNI memeriahkan hari ulang tahunnya dengan melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai dalam bentuk Jalan Sehat Keluarga Besar Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Utara bersama Gubernur Sulawesi Utara. Sebagai bagian dari organisasi perawat di Sulawesi Utara, Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan jalan sehat ini berlokasi di Minahasa Utara. Peserta berarak mulai dari Zero Point Jl. Soekarno Kolongan, Kab. Minahasa Utara dan berakhir di Kediaman Gubernur Sulawesi Utara. Ribuan peserta dari kalangan perawat, mulai dari institusi pendidikan keperawatan, Rumah Sakit, sampai Puskesmas di lingkungan Provinsi Sulawesi Utara.

Sedikitnya 14 orang dosen dan staf serta 220 orang mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado, telah meramaikan Jalan Sehat bersama PPNI.  Berbagai yel-yel khas De La Salle bersenandung ria dinyanyikan sepanjang jalur rute jalan sehat.  Sebagai bagian dari promosi, seluruh civitas akademika Fakultas Keperawatan Unika De La Salle mengenakan seragam beratribut De La Salle. Setibanya di lokasi finish, seluruh peserta melakukan senam bersama dan dijamu dengan penganan ringan tradisional oleh panitia pelaksana. Sebagai bukti dokumentasi keikutsertaan kegiatan, seperti biasa fakultas keperawatan melakukan foto bersama lengkap dengan berita acara dan presensi. Deklarasi ini ditandai juga dengan penandatangan para peserta jalan sehat di Spanduk yang bertuliskan Deklarasi Pemilu Damai Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para perawat yang memiliki hak pilih agar tidak golput saat melaksanakan pesta demokrasi tanggal 17 April mendatang. Dengan adanya kegiatan ini, dosen dan staf serta mahasiswa dapat bersosialisasi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan di luar kampus.