Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan FGD dalam rangka kegiatan pembuatan dokumentasi Sejarah dan Budaya Daerah “Estetika Musik Kolintang”.

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 27 September 2019 bertempat di AAB Guest House Matani dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Sekretaris Kota serta Dekan Fakultas Pariwisata yang ditunjuk sebagai salah satu narasumber pada kegiatan ini.

Dekan Fakultas Pariwisata Dr. Stevanus Ngenget, S.S, M.A. membawa topik diskusi dengan judul “Refleksi Musik Kolintang dalam tulisan “Estetika Musik Kolintang” karya Ambrosius M. Loho.

Ia pun membuka tentang bagaimana musik kolintang mampu berbicara bahkan dari tingkat nasional sampai pada mancanegara, karena dimana pada dasarnya musik adalah salah satu bahasa universal yang dapat dengan mudah diterima siapa saja dan tanpa musik kehidupan serasa ada yang salah.

Estetika yang ada dari musik kolintang pun menjadi hal paling menarik pada topik ini karena dalam topik yang dibawakan bahwa, kolintang bukan hanya tentang warisan budaya tetapi juga karena aspek estetika yang ditawarkannya. Dengan dilihat dari wujudnya, dari kebersamaan orang yang memainkannya, dan dari penampilanya, ada keindahan yang ditampilkan melalui musik kolintang.

Kegiatan FGD yang berlangsung selama satu hari ini pun dihadiri sebanyak 40 peserta dari berbagai kalangan.