Manado – LLDIKTI Wilayah XVI bekerja sama dengan Universitas Katolik De La Salle Manado telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan tracer study yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulawesi Utara, Palu, dan Gorontalo. Kamis (20/06/2024).

Dalam sambutan membuka kegiatan bimbingan teknis pengelolaan Tracer Study 2024, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak menekankan pentingnya pelaksanaan Tracer Study oleh Perguruan Tinggi Swasta. “Kegiatan Bimtek pengelolaan Tracer Study merupakan kegiatan yang amat penting dan strategis karena saat ini merupakan salah satu indikator untuk melihat kinerja perguruan tinggi adalah tingkat penyerapan tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi. Buat apa kita mendidik anak-anak kita tapi setelah lulus mereka tidak berkontribusi. Tidak bisa menjadi bagian dari pembangunan. Tidak bisa menjadi tenaga kerja, tidak bisa menjadi sumber daya manusia yang relevan dengan bidangnya” ungkap Bapak Munawir.

Lebih lanjut beliau menekankan bahwa, “Perguruan tinggi harus bisa memastikan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di perguruan tinggi bisa menjamin lulusan itu relevan dengan kebutuhan dalam masyarakat. Dalam arti perguruan tinggi harus memastikan lulusan yang turun ke masyarakat itu betul-betul harus bisa berdaya dan tidak menambah jumlah angka pengangguran yang ada di Indonesia” 

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan institusi dalam melaksanakan tracer study yang efektif dan efisien dan merupakan indikator yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan lulusan dalam dunia kerja serta mengevaluasi kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan pelatihan dan panduan langsung dari para ahli dalam merancang, mengelola, dan menganalisis hasil tracer study.

Kegiatan bimbingan teknis ini melibatkan sesi pelatihan yang interaktif, workshop, serta diskusi yang memungkinkan peserta untuk bertukar pengalaman dan solusi atas tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tracer study di perguruan tinggi masing-masing yang berlangsung mulai dari pagi sampai sore hari dan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta baik yang hadir langsung maupun yang mengikuti secara dari melalui zoom meeting dari seluruh perguruan tinggi swasta di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XVI (Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah).