Manado – Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado (UKDLSM) Mencetak 56 wisudawan pada acara Wisuda UKDLSM gelombang ke 2, yang dilaksanakan di Nyiur Melambai Restaurant. Kamis (06/06/2024).

Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado, Dr. Prof Johanis Ohoitimur Mengatakan “ini merupakan wisuda yang ke-2 dari tahun akademik 2023/2024, pada bulan November tahun 2023 lalu kami sudah melaksanakan wisuda yang pertama, ada sebanyak 500 lebih mahasiswa dan perawat profesional yang di wisudakan,” kata prof. Johanis.

Ungkapnya lagi, untuk wisuda yang ke 2 ini ada sebanyak 56 orang yang menjadi bagian, katanya lagi bahwa biasanya Dalam 1 tahun kalender tahun ajaran mereka hanya menggelar 1 kali kegiatan wisuda namun sejak tahun lalu sudah dibuat menjadi 2 kali. “Menjadi 2 kali karena berkaitan dengan perubahan peraturan pemerintah, yakni mengenai perawatan, pendidikan kesehatan yang harus lulus dulu ujian kompetensi profesional, baru bisa dilantik dan wisuda,” tuturnya .

Kembali rektor mengharapkan agar para wisudawan menjadi seperti perguruan tinggi lainnya, mempunyai Kemampuan, Keterampilan. Apalagi di de la Salle sendiri diberikan perhatian dan pembelajaran yang khusus. “Mereka harus memiliki watak yang baik, etika yang baik, karena kita harus menjawab kebutuhan pasar dunia kerja,” Jelasnya.

Adapun Ketua Yayasan PTU De La Salle Manado, Dr. Melky Malingkas, S.S., M.Ed. Mengungkapkan “anak anak ini akan diwisuda artinya mereka sudah melewati perjalanan pendidikan formal di unika De la Salle Manado, dan kami berharap dengan wisudawan yang baru akan berperan aktif di kalangan masyarakat,” katanya. Sahutnya lagi, memberikan dukungan kepada Seluruh Wisudawan yang baru untuk kemajuan Masyarakat di Sulawesi Utara.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut hadir juga LLDikti Wilayah XVI, yang diwakilkan oleh Ketua Tim Kerja Percepatan Kinerja dan Transformasi Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah XVI, Ibu Fatra Dano Putri, S.H., M.I.Kom. Dalam sambutanya beliau memberikan apresiasi kepada Seluruh mahasiswa dan mahasiswa yang baru saja dilepas menjadi wisudawan serta Apresiasi atas pencapaian dari unika De La salle Manado yang mendapatkan pengakuan Internasional. Lanjutnya dengan membacakan sedikit pidato dari Menteri pendidikan Nadiem Makarim pada hari pendidikan nasional bulan mei kemarin, yang mengusung tema bergerak bersama lanjutkan merdeka belajar. “Kita tahu bersama bahwa kampus merdeka telah mencetak lulusan yang multi taskim,kreatif, inovatif dan mampu bersaing, 5 tahun terakhir ini menjadi Periode transformasi dan sistem pendidikan Indonesia, perjalanan pendidikan ini penuh dengan tantangan,” katanya. “Gerakan merdeka belajar telah memberikan perubahan signifikan yang cukup panjang, serta praktek pendidikan di Indonesia, mahasiswa siap berkarya dan berkontribusi, karena ruang belajar tidak hanya sebatas di dalam kampus,” ujarnya lagi.

wisudawan yang yang diwisuda pada kegombang ke 2 ini yaitu ; Prodi teknik elektro : 2 wisudawan, Prodi teknik informatika : 15 wisudawan, Prodi teknik sipil : 4 wisudawan, Prodi agribisnis : 2 wisudawan, Prodi akuntansi : 1 wisudawan, Prodi manajemen : 6 wisudawan, Prodi hukum : 7 wisudawan, Prodi keperawatan : 1 wisudawan, Prodi fisioterapi : 10 wisudawan, Prodi hospitality : 7 wisudawan, dan Prodi pendidikan guru SD : 1 wisudawan.