Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado sukses menggelar kegiatan Seminar sebagai bentuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Paroki Yesus Gembala Yang Baik Wanea Manado. Sabtu (18/05/2024)

Seminar ini mengajarkan tentang public speaking sebagai salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk menyampaikan ide, gagasan, atau informasi kepada orang lain dengan cara yang jelas, menarik, dan persuasif.

Namun, banyak orang yang merasa gugup atau tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya persiapan, rasa takut akan penilaian, atau kurangnya pengalaman.

Oleh karena itu, tips & ways dalam public speaking perlu diadakan untuk membantu orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan public speaking mereka. Tips & ways ini dapat memberikan panduan dan strategi yang bermanfaat untuk mengatasi rasa gugup, membangun rasa percaya diri, dan menyampaikan presentasi yang efektif.

Pemateri dalam seminar ini adalah Bapak Teddy Tandaju S.E., M.BA. sebagai dosen Prodi Manado di fakultas Ekonomi dan Bisnis UKDLSM. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa hal yang terpenting dan perlu kita pahami dalam materi yg dibahaskan adalah percaya terhadap “You (kamu) , dan Yourself (diri kamu)” karena jika kita percaya pada diri kita, kita akan lebih yakin dan lebih santai dalam menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan. Di dalam materi pembahasan juga ditekankan untuk “SCALE YOURSELF UP” atau tingkatan diri anda baik dalam pendidikan dan bersosial.

Kita tidak boleh gugup dalam menyampaikan sesuatu. Orang yang gugup dapat diketahui dari tingkah lakunya seperti: menggoyangkan kaki, gigit jari, dan gestur tubuh yang gemetaran. Orang- orang yang gugup takut untuk diketawain saat berbicara, takut dilihat bodoh, dan takut ditatap orang.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 55 orang yang terdiri dari  DPP, Pengurus wilayah rohani , dan umat yang berada di Paroki Yesus Gembala Yang Baik Wanea Manado, serta Mahasiswa dan dosen UKDLSM.