Manado – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado bersama Ikatan Akuntan Indonesia Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Kuliah Umum Pengauditan Akuntansi dengan topik “Relevansi Peranan Kompetensi dan Profesionalitas Auditor di Era Digital” bertempat di aula Nikolaus (auditorium). (Jumat, 26/4/2024).

Kegiatan ini dibuat agar mahasiswa akuntansi paham tentang Peran Kompetensi dan Profesionalitas Auditor di Era Digital. Yang dimana era digital telah merubah cara bisnis beroperasi. Digitalisasi mempengaruhi seluruh aspek kehidupan termasuk dibidang akuntansi. Auditor juga harus memastikan keamanan dan privasi data dalam era digital sehingga mahasiswa perlu memahami bagaimana teknologi mempengaruhi proses audit dan bagaimana auditor beroperasi dalam lingkungan digital, serta memahami konsep keamanan siber, enkripsi, dan perlindungan data agar dapat melaksanakan tugas audit dengan baik.

Di era digital ini laporan keuangan harus disajikan secara real-time melalui perangkat mobile maka dari itu mahasiswa harus mempelajari lebih dalam bagaimana teknologi memungkinkan penyajian laporan keuangan yang akurat dan transparan. Intinya dengan adanya kegiatan ini  akan membantu mahasiswa akuntansi menjadi lebih siap menghadapi tantangan masa depan dalam profesi yang mereka pilih.

Pemaparan materi oleh bapak Ferry Alexander Tulung, SE, AK, CA, Asean CPA dan dihadiri oleh dosen-dosen serta mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis. para peserta merasa sangat dibekali dengan apa yang diberikan selama kegiatan berlangsung, karena bisa menambah wawasan yang lebih mendalam dan membantu mahasiswa memahami konteks pekerjaan mereka secara lebih baik.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado sangat berterimakasih kepada Ikatan Akuntan Indonesia Sulawesi Utara khususnya kepada bapak Ferry Alexander Tulung, SE, AK, CA, Asean CPA  sebagai pemateri yang dapat menunjukan dengan baik bagaimana pengalaman auditor di era digital yang memiliki kompetitif dalam dunia kerja, sehingga membuat mahasiswa memahami tantangan dan peluang di era digital serta membuat mahasiswa memahami bagaimana menghadapi situasi audit yang kompleks di era digital. Itu akan membuat mahasiswa akan lebih peka terhadap isu-isu seperti privasi data, keamanan siber, dan integritas.