Menyadari pentingnya tugas seorang dosen, maka Biro Administrasi Akademik Dosen berkoordinasi dengan Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kelembagaan mengadakan Kegiatan Sosialisasi dan Persamaan Persepsi Rubrik BKD 2021 bagi para dosen di lingkungan Universitas Katolik De La Salle Manado. Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 3 November sampai dengan tanggal 9 November 2021.

Peserta kegiatan ini adalah seluruh dosen dari setiap Fakultas yang dibagi per sesi sesuai Program Studi (Prodi). Narasumber dari kegiatan ini adalah para asesor internal UKDLSM yang telah mengikuti dan lulus uji kompetensi sebagai asesor BKD tingkat nasional, yakni Dr. Stella Kaunang, Dr. Liza Wikarsa, Dr. Valentino Lumowa, Dr. Jozef Raco, Dr. Ivonne Umboh dan Debby Paseru, ST., MMSI., M.Ed.

Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini wajib dan penting bagi dosen sehingga para dosen dapat menyiapkan kegiatan tridarma per semester. “Saya berharap para dosen dapat memotivasi diri sendiri untuk mengikuti arah dan perubahan kebijakan kampus merdeka. Dengan adanya program kampus merdeka, sumber data dari PDPT dan SISTER akan membentuk big data perguruan tinggi, olehnya UKDLSM perlu mendukung kebijakan pemerintah tersebut”, lanjut Rektor.

Pengisian layanan BKD melalui aplikasi SISTER menjadi indikator pengelolaan Perguruan Tinggi dan sebagai tolak ukur kinerja Perguruan Tinggi. Prof. Dr. Johanis lebih lanjut menjelaskan bahwa SISTER BKD sangat penting oleh sebab itu saya menganjurkan setiap dosen untuk melakukan tridarma secara penuh. “Jangan menunda pengunggahan bukti-bukti kegiatan dalam aplikasi SISTER supaya dapat meringankan beban kerja”, kata Rektor. Rektor juga berharap agar seluruh dosen dapat mulai berbenah diri dengan melaporkan BKD/LKD melalui aplikasi SISTER sehingga dapat membawa dampak bagi akreditas Program Studi dan Universitas.