Manado – Universitas Katolik De La Salle Manado melalui Fakultas Pertanian, baru saja menyelenggarakan kuliah tamu dengan judul “Pertanian Berkelanjutan” dan telah diadakan pada hari Jumat, 4 Oktober 2024. 

Acara ini menandai awal dari serangkaian kegiatan yang akan berlangsung sepanjang tahun hingga puncak perayaan Dies Natalis UKDLSM yang ke-25 pada tanggal 7 Agustus 2025. Dalam kuliah tamu ini para narasumber membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam membangun sistem pertanian yang berkelanjutan

Kuliah tamu ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman:, Ir. Wangke S. Karundeng, M.A.P, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara dan Dr. Arteurt Y. Merung, S.P., M.Si., dosen Fakultas Pertanian UKDLSM sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Ir. Wangke S. Karundeng, M.A.P memaparkan kebijakan dan program pemerintah dalam mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan di daerah. Beliau menekankan bahwa Kabupaten Minahasa Utara merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang telah mengeluarkan Peraturan Daerah tentang perlindungan lahan yang disebut LP2B (Perlindungan Lahan Pertanian Pangan). Peraturan Daerah ini bertujuan untuk melindungi lahan-lahan produktif, dalam hal ini persawahan, terhadap konversi untuk pemanfaatan non-pertanian.

Lebih lanjut,Dr. Arteurt Y. Merung, S.P., M.Si., memberikan perspektif mengenai pentingnya peran modal sosial (social capital) dalam pengembangan pertanian berkelanjutan. Dalam kuliah tamu tersebut, beliau menjelaskan bahwa perlu diciptakan kolaborasi yang efektif antara pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan media atau yang dikenal sebagai pentahelix strategy. Menurutnya, sinergi antara semua pihak ini sangat krusial untuk membangun ekosistem pertanian yang berkelanjutan.

Kuliah tamu ini menjadi kesempatan yang berharga bagi mahasiswa dan dosen. Antusiasme terlihat selama sesi tanya jawab, di mana para mahasiswa, yaitu Dominggus Antoh dan Martina Koten (Fakultas Ilmu Pendidikan), Jordan Tandaju (Fakultas Ilmu Pertanian) dan Benedikto Adityas Koronka Sanjaya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) aktif mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber dalam sesi tanya-jawab.

Diharapkan kuliah tamu ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UKDLSM untuk terus berkontribusi dalam membangun masa depan pertanian yang lebih baik dan berkelanjutan, selaras dengan semangat Dies Natalis UKDLSM ke-25 yang akan dirayakan tahun depan.