Kegiatan sertifikasi Perdagangan Berjangka Komoditi Tingkat Dasar merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado di semester ke 8. Tahun ini merupakan tahun kedua kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan, dengan jumlah peserta mencapai 43 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) minggu yang dimulai pada tanggal 18 Juni sampai pada tanggal 21 Juni 2024 di kantor Equityworld Futures Manado yang bertempat di Jl. Piere Tendean, No. 24-25, Komplek Ruko Megamas Manado. 

Kegiatan dimulai dengan opening ceremony yang dengan pihak Equityworld Futures sebagai panitia yang dibuka dengan sambutan oleh Ibu Merry Jeand’arc Korompis S.E., M.M., selaku wakil dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk Joko Santoso sebagai Kepala Cabang Equityworld Futures Manado. 

Materi hari pertama yang diberikan yakni mengenai payung hukum dan kode etik oleh Bpk Raymond Biu dan Bpk Jaffis Billy Rumengan sebagai perwakilan dari Equityworld Futures Manado, lalu dilanjutkan dengan materi filosofi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) oleh Bpk Joko Santoso dan Bpk Payung Salempang. 

Hari kedua dimulai dengan Uji Kompetensi, lalu dilanjutkan dengan pembahasan dan studi kasus yang diangkat dari uji kompetensi yang dilaksanakan. Pada sesi ini, mahasiswa dibagi per kelompok didampingi oleh masing-masing satu perwakilan dari Equityworld Futures Manado untuk membahas dan mengevaluasi hasil dari uji kompetensi. 

Hari ketiga dimulai dengan pengenalan produk derivatif yang diberikan oleh Bpk Joko Santoso dan Ibu Sriani Woran, lalu dilanjutkan dengan materi tentang analisa dan simulasi transaksi oleh Ibu Nurlaiah Dakhlan, Ibu Julien Mandagi, dan Ibu Magdalena Pangemanan. Pada hari keempat, dilaksanakan Uji Petik yang dipantau langsung oleh Bpk Joko Santoso dan semua tim dari Equityworld Futures Manado. Kegiatan ini merupakan ujian terakhir bagi semua mahasiswa peserta untuk mendapatkan sertifikasi PBK tingkat dasar.

Kegiatan ini telah diatur sedemikian rupa untuk memberikan pandangan, motivasi, dan potensi yang dimiliki mahasiswa berkaitan dengan perdagangan berjangka komoditi (PBK), selain karena perusahaan Equityworld Futures Manado telah memiliki perjanjian kerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado, potensi PBK ini dapat menjadi senjata bagi mahasiswa dalam persiapan untuk masuk dalam dunia pekerjaan, beserta dengan kemampuan softskill yang didapatkan selama kegiatan sertifikasi, dan juga relasi yang didapatkan dalam interaksi dengan pegawai-pegawai dari Equityworld Futures itu sendiri.

Kegiatan ditutup dengan pemberian sertifikasi kepada pemateri yang diberikan oleh dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Dr. Ivonne Angelic Umboh, SE., M.Si dan juga pemberian sertifikat kepada perwakilan dari mahasiswa secara simbolis yang diberikan oleh beberapa pemateri dari pihak Equityworld Futures Manado beserta dengan pemberian hadiah dari pihak Equityworld Futures Manado kepada beberapa mahasiswa yang memiliki kinerja yang nilai yang paling baik selama kegiatan sertifikasi. Kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, pihak Equityworld Futures, dan para dosen juga staf pendamping dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa tentang berbagai hal berkaitan dengan perdagangan berjangka, mulai dari aturan, hukum, kode etik, filosofi, hingga produk dan analisis transaksi.