Kegiatan sertifikasi Jurnal.Id adalah kegiatan wajib yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Katolik De La Salle Manado di Semester  ke  8  dengan jumlah  peserta  28 mahasiswa. Kegiatan sertifikasi Jurnal.Id dilakukan selama 1 (Satu) bulan yang dimulai Pada Tanggal 13 Juni 2024 sampai dengan  tanggal  3  Juli  2024  yang  dibimbing  oleh  tiga  (3)  instruktur  yaitu;  Sir  Erick  A.A Sumakud, S.E., M.A. selaku penanggung jawab dalam kegiatan sertifikasi jurnal.id, sir Frankie J.H. Taroreh, S.E., M.M, dan Sir Octavianus M.T. Muaja, S.E., M.M. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Akuntansi Universitas Katolik De La Salle Manado. Kegiatan sertifikasi Jurnal.Id ini juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan softskill dan pemahaman mahasiswa tentang penggunaan Accounting Software sebagai solusi pembukuan dan akuntansi perusahaan mulai dari pengelolaan database, input transaksi, hingga penutupan buku, yang menggunakan software berbasis Cloud untuk proses pembukuan dan akuntansi yang lebih mudah. pada tanggal 12 Juni 2024 dimulai dengan Webinar yang membahas mengenai pengenalan singkat tentang Jurnal.id serta syarat dan ketentuan dalam memperoleh sertikasi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pada tanggal 13 Juni 2024 – 2 Juli 2024 dimana mahasiswa akan melalui 17 sesi pembelajaran berupa: Pendahuluan, Memulai dengan Mekari Jurnal, Pengaturan, Daftar Akun, Daftar Kontak, Daftar Produk, Daftar Aset Tetap, Daftar Lainnya, Transaksi  Terutang,  Pembelian,  Penjualan,  Biaya,  Kas  dan  Bank,  Pelepasan  Aset  Tetap, Aktivitas Akhir Periode, Laporan Keuangan, dan Implementasi Kontrol Internal. Yang dimana setiap sesi akan dipelajari mahasiswa secara bertahap, dimulai dengan pengenalan singkat mengenai menu atau fitur yang sedang dipelajari, kemudian dilanjutkan dengan modul pembelajaran yang dapat diunduh sebagai pokok bahasan dalam studi kasus, selanjutnya terdapat video tutorial  interaktif  berupa pembahasan  lengkap  dari  modul  pembelajaran  yang dimana mahasiswa dianjurkan untuk mempraktikkan pembahasan tersebut pada akun jurnal.id yang sudah terdaftar di masing-masing akun mahasiswa, dan yang terakhir terdapat quiz tentang menu atau fitur yang sedang dipelajari untuk menguji kemampuan setiap mahasiswa. 

Setelah melaksanakan pelatihan, pada tanggal 2 Juli 2024 mahasiswa melaksanakan Ujian Sertifikasi Teori yang di mulai pada jam 11.00 – 12.45 WITA yang bertempat di ruangan Laboratorium Akuntansi Universitas Katolik De La Salle Manado yang diawasi oleh instruktur. Kemudian pada hari terakhir di tanggal 3 Juli 2024 mahasiswa melaksanakan Ujian Praktik Jurnal.id dimana mahasiswa membuat 1 jurnal yang baru yang diberikan oleh Mekari University dengan waktu pengerjaan selama 2 Jam. Kemudian setelah ujian praktik dilaksanakan penutupan kegiatan sertifikasi Jurnal.id sebagai tanda resmi maka Ketua Program Studi Akuntansi Ma’am Ignatia Rosali Honandar, S.E., M.Sc. memilih dua (2) orang mahasiswa sebagai perwakilan untuk diberikan sertifikasi partisipan yang diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ma’am Dr. Ivonne Angelic Umboh, SE., M.Si.