Manado  – Celine Marieska Pontoh, merupakan mahasiswa Program Studi Akuntansi, telah berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih beasiswa bergengsi melalui program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA). Keberhasilan ini menandai partisipasi perdana Unika De La Salle Manado (UKDLSM) dalam program IISMA. Celine merupakan satu dari empat mahasiswa UKDLSM yang mengajukan aplikasi beasiswa IISMA dan menjadi satu-satunya yang lolos. Selasa, (3/092024).

Keberhasilan Celine merupakan bukti dedikasi dan kerja kerasnya dalam meraih mimpi untuk belajar di Eropa. Celine akan melanjutkan studinya di Universitas Aix-Marseille di Prancis pada program Business Economics. Berangkat dari Manado pada tanggal 24 Agustus 2024, Celine telah tiba di Marseille pada tanggal 26 Agustus 2024. Masa studinya mencakup satu semester dan akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Saat ini Celine sedang menjalani Integration Week, masa orientasi bagi mahasiswa pertukaran, yang berlangsung dari tanggal 3 – 5 September 2024.

Sebelum keberangkatannya, Celine berpamitan pada Rektor UKDLSM, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur, dan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, di mana dia terdaftar sebagai mahasiswa.  Rektor yang memiliki pengalaman panjang sebagai mahasiswa di Eropa, memberikan nasihat dan membagikan berbagai pengalaman hidup di benua biru untuk Celine. Dengan bangga, Rektor menyatakan dukungannya terhadap Celine dan menyampaikan harapan terbaik untuk studinya.

Yang menariknya, sebagai mahasiswa pertama dari UKDLSM yang berhasil meraih beasiswa IISMA, Celine awalnya memilih program International Business di University of Zagreb, Kroasia. Namun, proses seleksi beasiswa IISMA menuntunnya ke Prancis, negara kelahiran St. John Baptist De La Salle. Hal ini merupakan sebuah kebetulan yang manis dan seperti sebuah “jalan yang terbuka” dari St. John Baptist De La Salle bagi UKDLSM dalam menapaki langkah pertama dalam program beasiswa ini. 

Program IISMA sendiri merupakan program beasiswa penuh yang mencakup semua biaya termasuk biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, visa dan biaya perjalanan. Dukungan yang luar biasa ini diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pemerintah membuka pilihan bagi pelamar beasiswa ini untuk melanjutkan studi di universitas-universitas unggul yang berada di Asia, Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Program ini dibuka setiap tahun dan diperuntukkan bagi mahasiswa semester IV dan semester VI bagi program S1, serta mahasiswa semester IV bagi program DIII. Beberapa syarat umum beasiswa ini adalah berusia maksimal 24 tahun, memiliki IPK minimum 3.00, memiliki skor Duolingo English Test minimum 100, dan tidak pernah mengambil cuti selama masa perkuliahan. 

 Keberhasilan Celine menunjukkan komitmen UKDLSM dalam memfasilitasi peluang global bagi mahasiswanya. Perjalanan Celine juga menjadi bukti nyata bahwa mimpi untuk belajar di luar negeri dapat terwujud dengan kerja keras dan tekad yang kuat. Semoga perjalan keberhasilan Celine ini dapat menginspirasi banyak mahasiswa lainnya untuk berani meraih mimpi dan melangkah ke kancah internasional.

Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, mahasiswa dapat menghubungi UPT Kerja Sama lewat email info@unikadelasalle.ac.id atau langsung mengunjungi website resmi IISMA di https://iisma.kemdikbud.go.id/.