AKREDITASI BAN PT
Batas Pengisian KRS diperpanjang sampai dengan 31 Januari 2019

Lapor Diri Online bagi WNI di Australia (KJRI Sidney)

2012-11-22 11:26:13 - Posted by admin - Hits : 3215 Lapor Diri Online bagi WNI di Australia (KJRI Sidney)

Lapor diri pada Perwakilan RI pada dasarnya merupakan kewajiban setiap WNI sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 mengenai Administrasi Kependudukan. Setiap WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Sydney yaitu New South Wales, Queensland dan South Australia untuk tujuan menetap, belajar, kuliah, wisata, singgah sementara, bekerja, dan lainnya diharapkan memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya ke Bagian Konsuler KJRI Sydney.

WNI yang pindah dari wilayah Indonesia untuk menetap di luar negeri wajib melaporkan rencana kepindahannya kepada Kecamatan tempat tinggalnya. Setibanya di negara tujuan, WNI tersebut wajib mendaftarkan diri kepada Perwakilan RI dalam 30 hari waktu sejak ketibaan.

Selain merupakan kewajiban sebagai warga negara, lapor diri pada Perwakilan RI setempat memiliki manfaat sangat besar, antara lain:

  1. Mendapat akses informasi penting, seperti pemilu, hari besar keagamaan atau kegiatan KJRI lainnya.
  2. Apabila terjadi bencana alam, seperti banjir atau badai, KJRI Sidney akan dengan mudah mendata dan menyampaikan bantuan.
  3. Apabila terjadi kecelakaan atau insiden lainnya, KJRI Sidney dapat menyampaikan bantuan dan menginformasikan kepada keluarga terdekat di Indonesia atau sebaliknya dengan menyampaikan informasi penting dari Indonesia kepada yang bersangkutan.

Untuk memudahkan proses lapor diri, KJRI Sidney kini memberikan pelayanan lapor diri secara online. Lapor diri online ini ditujukan kepada semua warga negara Indonesia baik yang baru datang maupun telah lama tinggal di Australia.

Warga yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan username, sehingga memungkinkan untuk melakukan perubahan data pribadi setiap saat.

 

BAGAIMANA LAPOR DIRI ONLINE?

  1. Buka halaman website KJRI Sidney: www.kjri-sidney.org.au dan klik logo lapor diri online atau langsung buka halaman www.lapor-diri.org.au
  2. Lakukan proses registrasi, dengan memasukan data diri anda dengan lengkap atau klik submit data.
  3. Masuk ke sistem dengan login ID.
  4. Pilih menu lapor diri dan klik tombol mulai lapor diri pada halaman tersebut.
  5. Basi yang sudah melakukan proses lapor diri tersebut (sudah mendapat cap), maka proses dinyatakan selesai.
  6. Sementara, bagi WNI yang baru melakukan proses lapor diri maka proses selanjutnya adalah mencetak halaman registrasi dan tempelkan foto terbaru anda.
  7. Untuk pengecapan pada paspor anda, bawalah paspor asli beserta halaman registrasi ke KJRI Sidney atau "warung pelayanan konsuler" yang tersedia atau kirimkan melalui pos tercatat ke alamat:

    CONSULAR SECTION

    CONSULATE GENERAL OF INDONESIA

    236-238 MAROUBRA ROAD

    MAROUBRA, NSW 2035


    Jangan lupa sertakan amplop dan perangko balasan yang cukup serta mencantumkan alamat lengkap anda.

 

Lapor diri dilakukan tanpa dipungut biaya apapun oleh KJRI Sydney dan dengan menggunakan aplikasi online ini.
Informasi lebih lanjut hubungi: consular@kjri-sidney.org.au atau lihat di www.kjri-sidney.org.au

Tags : kjri, sidney, lapor



Related News :
Comment