Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Katolik De La Salle Manado sampai dengan 31 Agustus 2018

Fakultas Teknik Sukses Selenggarakan Kuliah Umum "SMART CITY DEVELOPMENT"

2018-03-24 12:54:07 - Posted by admin - Hits : 375 Fakultas Teknik Sukses Selenggarakan Kuliah Umum  "SMART CITY DEVELOPMENT"

Bertempat di Sport Hall Unika De La Salle Manado, Fakultas Teknik menggelar Kuliah Ukum bertajuk ‘SMART CITY DEVELOPMENT’. Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 20 Maret 2018 ini dihadiri oleh para Dosen, Staf, dan Mahasiswa Fakultas Teknik yang berjumlah kurang lebih 150 peserta. Adapun narasumber dalam kuliah umum tersebut peneliti dari Technical University Denmark, Dr. Per Sieverts Nielsen. Kedatangan narasumber didampingi oleh Angreine Kewo, S.T., M.Sc., dan Pinrolinvic Manembu, S.T., M.T.

Dalam pemaparannya, narasumber membagi pengalamannya tentang SMART CITY yang telah diterapkan di Denmark. Beberapa hal yang disampaikan antara lain IOT (Internet Of Things), Renewable Energi (energi terbarukan), dan Big Data. Energi terbarukan adalah sumber energi yang cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Renewable Energi/ energi terbarukan dihasilkan dari sumber daya energi yang secara alami tidak akan habis bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Energi terbarukan diyakini lebih bersih (ramah lingkungan), aman, dan terjangkau oleh masyarakat. Jenis sumber energi terbarukan seperti biofuel, biomassa, panas bumi, air, angin, matahari, gelombang laut dan sebagainya. Menurut Nielsen, para peneliti saat ini sedang mengembangkan SMART CITY dalam hal memanajemen penggunaan energi di sebuah kota. Dalam memanajemen energi perlu adanya data energi yang dihasilkan dan dipakai. Energi tersebut di konversi ke data/ big data yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang, yang biasa disebut IOT (internet of things).

IOT adalah suatu perangkat/ device di sekitar kita yang dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Dengan adanya IOT semua data-data dari semua perangkat bisa di akses dan di kontrol. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari IOT, yaitu penggunaan data yang disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan hal-hal yang berbahaya. Untuk itu perlu adanya sekuritas dan pengawasan untuk menerapkan konsep IOT tersebut.

Kuliah umum kemudian dilanjutkan oleh narasumber Kepala Dinas KEMKOMINFO Kota Manado, Erwin Kontu, S.H. Kontu memaparkan beberapa kemajuan teknologi smart city yang sedang berkembang di Kota Manado. Salah satu pengembangan smart city yaitu keunggulan Cerdas Command Center (Triple C) yang perlu ditunjang sumber daya berupa data yang ada di Perangkat Daerah Pemkot Manado yang tentunya diintegrasikan ke program Triple C. Hal ini yang secara transparan akan diketahui masyarakat Kota Manado. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan souvenir oleh Dekan Fakultas Teknik Debby Paseru, S.T., MMSI., M.Ed kepada kedua narasumber.




Related News :
Comment