Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Katolik De La Salle Manado sampai dengan 31 Agustus 2018

Seminar Hasil Penelitian

2017-12-18 08:07:26 - Posted by admin - Hits : 570 Seminar Hasil Penelitian

Hari Jumat, tanggal 15 Desember 2017 mulai jam 14.00 – 16.00 WITA, telah dilaksanakan kegiatan Seminar Hasil Penelitian Dosen, Skema Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang memperoleh hibah dari Kemenristekdikti pada tahun 2017. Judul Penelitian : “Karakteristik Fisiko Kimia Dan Komponen Minyak Atsiri Pala (Myristica fragrans houtt) Dari Berbagai Bagian Tanaman Pala Asal Sulawesi Utara”. Ketua Tim Peneliti Dino Rahardiyan, STP., M.Sc, anggota Mario V. Poluakan, SE., M.Sc. Tujuan penelitian ini adalah menentukan sifat kimia dan  mengetahui konsentrasi Myristicine  dalam minyak atsiri dari berbagai bagian buah pala, baik buah pala yang berasal dari daratan maupun kepulauan di Sulawesi Utara.

Reviewer dalam kegiatan Seminar Hasil Penelitian ini adalah Prof. Dr. Lucia C. Mandey dari Universitas Sam Ratulangi dan Prof. Dr. Rudi Alexander Repi dari Universitas Negeri Manado. Seminar Hasil Penelitian ini dihadiri juga oleh mahasiswa Program Studi Agribisnis. Tujuannya menambah pengetahuan mahasiswa terkait tema penelitian, sekaligus menambah pengalaman mahasiswa mengikuti forum seminar ilmiah.

Berdasarkan hasil Penelitian ini diketahui bahwa  kandungan Myristicine tertinggi sebesar 21,93% dari daging buah pala asal Talaud, sedangkan kandungan Myristicine terendah sebesar 10,93% dari biji buah pala asal Talaud. Kandungan Myristicine  ini memenuhi standar kandungan Myristicine yang diatur dalam SNI-2388-2006, yaitu > 10%. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah kandungan Myristicine dari buah dan biji Pala asal Sulawesi Utara adalah yang tertinggi di Indonesia dibandingkan dengan kandungan Myristicine dari biji dan buah Pala yang berasal dari pulau lain di Indonesia.  

Menurut Reviewer Prof. Dr. Lucia Mandey, hasil penelitian ini nilainya sangat baik, karena luaran penelitian yang dihasilkan melampaui persyaratan yang diatur untuk Skim Penelitian Dosen Pemula. Dalam seminar hasil ini  diketahui, bahwa hasil penelitian ini telah dipaparkan dalam forum seminar ilmiah internasional yaitu forum 4th International Seminar on Sciences” yang diselenggarkan di Bogor pada tanggal 19 – 20 Oktober Tahun 2017 dan telah diterbitkan dalam proceeding seminar internasional tersebut. Sedangkan publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional dilakukan melalui “International Food Research Journal”, saat ini statusnya dalam proses review.

Selanjutnya menurut Prof. Dr. Lucia Mandey, penelitian ini dapat dilanjutkan ke penelitian yang bersifat multidisiplin untuk mengkaji berbagai aspek, mulai dari input, proses dan output. Kajian yang dimaksud meliputi : a) Ketersediaan bahan baku berkelanjutan, b) Pengembangan dan penerapan teknologi destilasi di masyarakat, berbasis sumber energi terbarukan, c) Pemasaran hasil produksi minyak atsiri, d) Kajian nilai keekonomian penerapan terknologi destilasi di masyarakat.  Disampaikan pula dalam seminar ini, bahwa teknologi proses ekstraksi yang berkembang saat ini adalah teknologi fluida superkritis (gas dimampatkan) untuk mengekstrak komponen-komponen dari suatu campuran. Dengan demikian terbuka peluang bagi dosen peneliti untuk melanjutkan penelitiannya, bekerjasama dengan dosen peneliti lain dengan latar belakang bidang ilmu yang relevan.




Related News :
Comment