Proudly Lasallian
UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018

Manusia Dan Perkembangan Zaman

2017-09-25 09:25:18 - Posted by admin - Hits : 59 Manusia Dan Perkembangan Zaman

Perubahan zaman telah membuat banyak hal berubah ke arah yang lebih baik dan sebaliknya. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini tak lepas dari kerja keras dan usaha yang besar dari manusia dalam memajukan generasi saat ini. Ukuran macam apa yang dapat dipakai untuk mengukur majunya suatu peradaban? Seberapa pentingkah kemajuan yang kita peroleh? Apa manfaat dari kemajuan itu sendiri? Orang-orang zaman Renaisans menyebut zaman mereka sebagai zaman rasionalitas, dimana setiap orang berlomba untuk dapat dikenang lewat karya-karya mereka.

Hingga saat ini kita tidak dapat melupakan kebangkitan yang telah di buat oleh generasi sebelumnya. Zaman modern dimana kita berada sekarang hanyalah akibat dari proses yang sangat panjang dari pencapaian manusia terdahulu. Rasionalitas yang tajam telah di bangkitkan dari keterpurukan, bangkitnya kebudayaan dan pandangan hidup yang berbeda telah berdampak besar pada kemajuan teknologi dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi akibat dari bangkitnya rasionalitas manusia. Sebelum itu, manusia banyak di pengaruhi oleh mitologi dan juga tradisi-tradisi para leluhur yang masih mempercayai kekuatan-kekuatan gaib. Kepercayaan akan Tuhan masih terus ada bahkan perubahan zaman yang terjadi sekitar abad ke-14 sampai abad ke-17 dipengaruhi oleh agama manusia. Kekristenan memegang peranan penting dalam memajukan peradaban manusia. Orang-orang seperti Martin Luther, John Calvin, Galileo Galilei dan Copernicus, merupakan orang-orang yang berperan dalam memajukan zaman kita saat ini, dan pemikiran mereka masih terus dipakai sampai detik ini. Mereka adalah manusia yang tidak tergeser oleh sejarah, mereka merancang sejarah.

Sejak saat itu, peradaban manusia terus berkembang hingga saat ini di berbagai bidang, sains, filsafat, seni, industri, dan masih banyak hal yang berubah akibat kemajuan zaman. Sejauh ini kita telah menikmati banyak perkembangan dan manfaat dari perubahan zaman, tetapi ada beberapa hal dari perubahan ini, memberikan dampak yang negatif terhadap pemikiran serta cara pandang manusia modern. Yang dimaksud dengan cara pandang adalah bagaimana seorang manusia modern mengalami masa-masa transisi dari zaman modern hingga pascamodern. Perilaku dan cara pandang dari manusia modern merupakan cerminan dari perkembangan zaman yang sangat maju. Orang modern saat ini lebih asik dengan handphone ketimbang buku, atau anak muda modern yang asik dengan game PC. Apa yang terjadi pada generasi ini adalah bagian dari perubahan zaman yang membawa dampak positif maupun negatif, tergantung pada pengamatnya (relatif). Kita tidak dapat memungkiri bahwa dengan menekan tombol saja kita sudah mampu untuk mengakses segala hal yang baik dan buruk yang ingin kita akses di internet. Selain internet dan jutaan situsnya, kita juga dimudahkan dengan komunikasi jarak jauh dengan media sosial yang sudah banyak di miliki oleh hampir setiap orang di dunia, sebut saja facebook, instagram, twitter, telegram, whatsapp, BBM dan masih banyak lagi media sosial yang kita gunakan untuk saling berkomunikasi satu dan yang lainnya. Pencapaian ini tidak semudah kita menekan tombol lalu muncul semua yang ingin kita ketahui, ini merupakan proses panjang dari peradaban manusia di muka Bumi.

Setelah proses yang sangat panjang, manusia modern sangat terbantu dengan adanya perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Microsoft, Youtube, Yahoo, dan masih banyak lagi perusahaan bidang teknologi informasi yang menyediakan fasilitas bagi para penggunanya. Informasi dan data dapat diolah dan dikembangkan oleh mereka. Karena perubahan zaman, kita mungkin akan kehilangan buku-buku atau catatan-catatan sejarah yang di tulis di atas lembaran kertas. Dampak positifnya adalah efisiensi dan lebih ramah lingkungan. Tidak perlu lagi ke toko buku untuk sekedar membeli atau membaca buku, sekarang sudah banyak e-book yang tersedia di internet, dan tidak perlu menebang banyak pohon hanya untuk mencetak buku, sekarang kita telah dimudahkan dengan teknologi.

Saat ini manusia tengah asik di manja dengan teknologi, dan tanpa diketahui kita telah di perbudak olehnya. Penulis sendiri tidak bisa memungkiri hal ini, kondisi semacam ini tidak mungkin untuk dihalangi atau ditinggalkan, sebab ini sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia, walaupun sebenarnya hal itu tidaklah terlalu penting, tetapi di satu sisi gadget dan teknologi lainnya akan sangat membantu manusia dalam hal komunikasi. Dalam kehidupan sosial, komunikasi itu penting dan sangat layak untuk dimiliki oleh setiap orang, tanpa adanya komunikasi manusia bukan lagi mahluk sosial, dengan hadirnya berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi, manusia dengan mudah dapat berhubungan dengan keluarga, sahabat dan orang-orang di sekitar, bahkan sampai di seluruh dunia.

Saat ini banyak orang yang menggunakan media-media yang ada seperti facebook, sebagai tempat untuk mengungkapkan isi hati mereka, ada yang mengucapkan selamat ulang tahun, ada yang mengupload foto-foto selfi, bahkan ada orang yang menyampaikan doa mereka di facebook. Peristiwa seperti ini tidak lagi menjadi sesuatu yang baru, melainkan sudah seperti tren yang di gemari oleh mereka yang aktif di media sosial facebook. Apa alasan mereka menyampaikan doa-doa mereka di facebook? Apakah Tuhan ada di facebook? Atau Tuhan sudah tidak lagi mendengarkan manusia dan Dia hanya akan melihat status anda di facebook? Mungkinkah Tuhan memiliki gadget? Apa yang sebenarnya anda pikirkan? Inikah manusia modern? Anda telah mengganti Tuhan anda dengan Facebook!

Sangat tidak masuk akal apabila berfikir bahwa doa itu bisa di sampaikan di mana saja dan lewat media sosial. Ikutilah perkembangan zaman, dan pelajari apa yang menurut anda itu baik, dan jangan lagi menulis doa di Facebook, karena Tuhan tidak memiliki Facebook. Ia melihat dan mendengar anda lebih dari siapapun, berdoalah sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh ajaranmu dan jadilah manusia modern yang tetap cinta akan sejarah.

 

Baptista J - Mahasiswa Teknik Elektro




Related News :
Comment