AKREDITASI BAN PT
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Katolik De La Salle Manado sampai dengan 31 Agustus 2018

Fakultas Pertanian, Hukum, & Ekonomi Kunjungi Desa Industri Pulutan, Minahasa

2016-11-08 13:04:18 - Posted by admin - Hits : 1042 Fakultas Pertanian, Hukum, & Ekonomi Kunjungi Desa Industri Pulutan, Minahasa

 Kunjungan industri ketiga para Dosen dan Mahasiswa yang terlibat dalam mata kuliah dan pengembangan kewirausahaan di Unika De La Salle Manado dilaksanakan di Desa Industri Keramik Pulutan, Minahasa pada Sabtu, 5 November 2016. Dalam kunjungan industri ini para dosen dan mahasiswa perwakilan Fakultas Pertanian, Hukum dan Ekonomi diberikan pandangan tentang bagaimana proses bisnis pembuatan keramik dan gerabah mulai dari pengambilan tanah liat hingga proses akhirnya. Pelatih dan pengarah yang tergabung di Training Centre, Keramik Pulutan, memaparkan juga bagaimana industri keramik ini merupakan kekayaan Desa Pulutan dan telah menjadi usaha masyarakat setempat yang diwariskan secara turun-temurun dari pendahulu mereka. Ditambahkan juga oleh pemateri bahwa kualitas terbaik tanah liat di Minahasa terdapat di Desa Pulutan sehingga produk keramik dan gerabah dari Pulutan sudah dikenal secara nasional bahkan international dimana negara Kanada melalui CIDA (Canada International Development Agency) pernah memberikan bantuan pengembangan usaha kepada masyarakat Desa Pulutan beberapa tahun lalu.

Maksud dari kunjungan industri ini adalah memberikan pandangan kepada para mahasiswa bahwa untuk memulai usaha dapat dilakukan melalui pemberdayaan sumber daya alam yang ada. Tidak perlu menunggu dan mencari sumber daya yang terlampau jauh dan rumit untuk memulai usaha. Mereka dapat melihat kekayaan alam disekitar yang dapat dijadikan sumber ‘bisnis’. Selama kunjungan para mahasiswa dan dosen diberikan kesempatan untuk mencoba cara pembuatan keramik dengan mempraktekan secara langsung. Kunjungan industri ini disponsori oleh Sulawesi Economics Development Strategy (SEDS) Project yang merupakan partner Unika De La Salle Manado dalam pengembangan kewirausahaan di Pulau Sulawesi, tutur Teddy Tandaju, S.E., M.B.A., (Adv.), Project Coordinator. “Semua dilakukan untuk kemajuan dan pengembangan Unika De La Salle, tidak saja dalam hal pengetahuan namun juga skill/ keterampilan mahasiswa dalam mengelola sumber daya yang ada”, tutup Tandaju.

pulutan




Related News :
Comment