Proudly Lasallian
UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018

Pengaruh Game Di Era Teknologi

2016-10-31 11:10:33 - Posted by admin - Hits : 344

Game merupakan salah satu hiburan manusia saat ini, entah di waktu luang, di waktu sibuk bekerja, atau pun selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Game adalah kunci untuk menghilangkan rasa penat atau stress. Seperti yang kita ketahui, game adalah hiburan yang tak lazim lagi. Namun demikian, game juga mempunyai dampak negatif jika kita sering sekali memainkannya, serta tidak memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif, misalnya proses pembelajaran maupun pembentukan logika berpikir. ”Apa dampak negatifnya?”. Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam Jurnal Pediatrics, kebanyakan orang yang bermain game bisa mengganggu proses pemikiran mereka karena terlalu terobsesi dengan tokoh game yang dimainkan, misalnya : kurangnya sosialisasi jika terlalu banyak meluangkan waktu bermain dengan mesin (bukan dengan manusia). Selain itu dapat berakibat kurangnya komunikasi, yaitu kegiatan komunikasi hanya sebatas berbicara dan mendengarkan kalimat yang terucap, dan respon yang kurang efektif karena terlalu sibuk dengan dunia mereka.

Kemudian dapat juga menyebabkan gangguan kesehatan karena mata terlalu terfokus di layar gadget (smartphone), sehingga lama-kelamaan dapat terserang sakit kepala, nyeri leher, gangguan tidur, dan gangguan penglihatan. Ini merupakan dampak pada umumnya jika kita terlalu sering bermain game, entah itu di smartphone, PC, playstation, dan peralatan gadget lainnya. “Bagaimana pengaruh game terhadap dunia perkuliahan?” Seperti halnya pada mahasiswa. Dampak negatifnya dapat kita alami juga. Kurangnya konsentrasi saat belajar, kurang tidur, sampai susah sekali membuat tugas yang diberikan oleh dosen, karena waktu kita yang seharusnya kita gunakan untuk hal yang bermanfaat, malahan hanya terpakai untuk hiburan semata. Untuk mengatasi masalah ini, maka kita harus pandai membagi waktu, agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan, yang dapat membuat kita sulit untuk maju kedepannya.

 

Kevin Undap

Mahasiswa Teknik Elektro




Related News :
Comment