Proudly Lasallian
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Katolik De La Salle Manado sampai dengan 31 Agustus 2018

De La Salle Buka Prodi Teknik Sipil

2016-05-10 14:17:21 - Posted by admin - Hits : 1846 De La Salle Buka Prodi Teknik Sipil

Tahun 2016 Unika De La Salle Manado memiliki Program Studi baru. Program Studi yang proses pendidikannya akan dimulai pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017 ini, yaitu Program Studi Teknik Sipil. Penyelenggaraan program pendidikan sarjana (S1) di bawah Fakultas Teknik ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) No. 102/KPT/I/2015. “Prodi Teknik Sipil yang akan diselenggarakan berfokus ke infrastruktur transportasi kelautan”, ungkap Rektor Unika De La Salle Manado, Revi Rafael H. M. Tanod, S.S., S.E., M.A. Hal ini sejalan dengan arah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang menekankan pada pembangunan infrastruktur di segala bidang terutama infrastuktur yang berkaitan dengan transportasi di bidang kelautan. Lebih lanjut, Tanod mengemukakan bahwa Provinsi Sulawesi Utara masih membutuhkan sarana transportasi kelautan untuk menunjang kegiatan perekonomiannya, khususnya Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud, Kabupaten Sitaro dan daerah pesisir lainnya.

Sarana transportasi kelautan tersebut perlu didukung dengan infrastruktur transportasi kelautan yang kuat dan memadai. Infrastruktur transportasi kelautan sangat membutuhkan kemampuan sumber daya manusia yang handal dan kompeten. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Fakultas Teknik Unika De La Salle Manado terpanggil untuk memberikan kontribusi signifikan dengan membuka Program Studi Teknik Sipil. Menurut Dekan Fakultas Teknik, Debby Paseru, S.T., M.MSI., M.Ed., “struktur kurikulum dirancang sangat komprehensif untuk mencapai profil lulusan yang handal di bidang teknik sipil khususnya infrastruktur kelautan dengan jumlah total 144 SKS. Ketua Tim Pembukaan Prodi Teknik Sipil memaparkan bahwa ketersediaan fasilitas laboratorium yang memadai, metode pembelajaran serta perencanaan kerja praktek dan Tugas Akhir yang terstruktur diyakini akan mampu menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang mampu mengisi kekurangan akan sarjana Teknik Sipil di Sulawesi Utara maupun di tingkat nasional.

Berdasarkan data dari PII (Persatuan Insinyur Indonesia), sampai dengan tahun 2025, MP3EI (Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), membutuhkan setidaknya 137.500, sedangkan dengan kemampuan menghasilkan lulusan sarjana teknik sipil perguruan tinggi saat ini diperkirakan hanya akan mampu menghasilkan sekitar 84.592 sarjana Teknik Sipil. Pada tahun 2025, Indonesia masih akan butuh 52.908 sarjana Teknik Sipil untuk menunjang MP3EI yang dimaksud. Dengan kondisi permintaan kebutuhan akan tenaga sarjana Teknik Sipil seperti gambaran di atas, maka sangatlah terbuka peluang untuk bagi calon-calon mahasiswa untuk memilih program studi Teknik Sipil. Untuk itu, pendaftaran mahasiswa baru telah dimulai sejak Januari 2016 dan akan berakhir pada Juni 2016. Tes penerimaan mahasiswa baru Teknik Sipil dilaksanakan serempak dengan jadwal prodi-prodi lainnya, yaitu setiap Hari Jumat minggu terakhir setiap bulan.




Related News :
Comment